Tips Download Theme WordPress

Saat ini, untuk membuat sebuah blog, baik berplatform Blogspot ataupun WordPress, sudah sangat mudah sekali.

Anda tidak perlu repot-repot memahami bahasa pemrograman atau biasa disebut dengan proses kodifikasi (coding).

Ya, sudah sangat mudah, apalagi blog yang berplatform WordPress, semudah proses membuat akun Facebook, yang notabene anak seusia SD saja sudah memiliki akun aplikasi buatan Mark Zuckerberg.

Jangan bilang tidak kenal dengan Mark Zuckerberg ya, karena meski drop out kuliah dia malah sukses menjadi bos Facebook dan bahkan dinoatbakn sebagai anak muda terkaya di dunia, dengan aset trilyunan.

Bisa dibayangkan, betapa mudahnya itu. Namun meski sudah sangat mudah, beberapa diantara Anda mungkin masih tetap saja ada yang kesulitan, normal dan wajar, dan postingan ini saya rasa tepat untuk Anda.

Beruntung bagi Anda yang masih tetap merasa kesulitan, karena masih ada begitu banyak kemudahan lainnya yang menuntun Anda untuk memahami bagaimana membuat blog WordPress.

Melalui artikel tutorial atau pun tips membuat blog WordPress yang begitu banyak bertebaran di internet bisa Anda dapatkan dengan bantuan Google.

Nah, salah satu komponen utama terbangunnya sebuah blog adalah adanya theme.

 

Baca juga: Berganti Baju Dari Theme Mystique Ke Eventbrite Multi Event

 

Apa Itu Theme?

wordpress theme Apa itu theme?

Theme atau template adalah pola dari sebuah blog yang didesain oleh web developer yang dibangun hingga menjadi sebuah blog yang siap digunakan oleh pengguna atau blogger, yang mungkin saja salah satunya adalah Anda.

Atau dengan kata lain, theme blog adalah blog siap pakai, by default semua masih serba minimalis, sehingga Anda perlu mengaktifkan fitur-fitur yang tersedia di theme tersebut.

Semisal menambahkan widget, mengganti header, menginstal plugin, menambah kolom, dan seterusnya, atau proses ini bisa disebut dengan proses kustomisasi (customize).

Begitupun halnya jika Anda seorang blogger pemula, meski Anda tidak memahami urusan coding dan desain, Anda tetap dapat membuat blog dengan tampilan sesuai keinginan Anda.

Sama, untuk hal tersebut Anda hanya perlu melakukan kustomisasi saja, agar tampilan blog Anda sesuai dengan selera Anda.

 

Theme Developer

Saat ini, ada banyak developer theme atau template, baik luar negeri maupun dalam negeri.

Mereka memproduksi beragam theme dengan beragam fitur terkini, seperti Responsive Design, HTML 5, Retina Ready, Box Layout, Unlimited Sidebar, dan fitur-fitur lainnya.

Secara umum, theme yang dibuat oleh para theme developer itu tersedia dalam versi gratis namun tentunya dengan fitur yang dibatasi.

Untuk mendapatkan yang  full feature tersedia untuk versi berbayar atau versi premium theme.

Beberapa theme developer luar negeri diantaranya yaitu ThemeAlley, ThinkUpThemes, MHThemes, VPThemes, sedangkan untuk theme developer dalam negeri ada GoBlogThemes, Karatok, Theme-Id, OkThemes.

Jika Anda tertarik dengan salah satu theme buatan para theme developer tersebut, Anda dapat melihat dan mencoba versi demo-nya terlebih dahulu, dan sekaligus menggunakannya.

Atau jika tertarik dengan salah satu diantaranya Anda juga dapat langsung bertransaksi untuk membeli premium theme-nya.

 

Download Theme WordPress

Untuk mendownload atau menginstal theme WordPress secara gratis ada 3 cara yang dapat Anda lakukan, masing-masing diantaranya melalui dashboard blog Anda, WordPress.org, atau melalui bantuan mesin pencari.

 

Dashboard Blog

Cara mendownload theme WordPress yang pertama yaitu melalui dashboard blog Anda, yaitu melalui menu Dashboard > Appearance > Themes > Add Theme.

WordPress telah menyiapkan theme-theme yang bisa Anda pilih sesuai selera Anda.

 

WordPress.org

Atau Anda juga bisa mendapatkan theme WordPress melalui alamat url https://wordpress.org lalu pilih menu Themes, atau langsung mengetikkan https://wordpress.org/themes/ di kolom browser yang Anda gunakan.

 

Search Engine

Cara lainnya adalah melalui bantuan search engine, semisal Google.

Dengan menggunakan Google, coba Anda ketikkan “download theme WordPress”, “download theme WordPress gratis”, “download free theme WordPress”.

Nanti akan muncul hasil dari masing-masing kalimat yang sudah Anda ketikkan di Google.

 

Baca juga: Skor SEO Rendah, Banyak PR Untuk Blog Ini

 

Tips Memilih Theme

Dengan tersedianya jutaan theme atau template blog di internet, baik yang berbayar (premium) ataupun yang gratisan, maka menjadi mudah bagi Anda untuk memilih theme mana yang akan digunakan.

Jika Anda seorang pemula, pilih saja theme yang gratisan atau merupakan versi non premium.

Namun sebaiknya, meski gratisan bukan berarti Anda sembarangan pula dalam memilih theme untuk blog Anda. Berikut ini adalah tips dalam memilih dan men-download theme blog Anda.

 

Berpikir Jangka Panjang

Berpikirlah jangka panjang jika Anda ingin mendownload dan menginstal theme untuk blog Anda.

Artinya, Anda dituntut untuk berpikir jauh ke depan. Jika diibaratkan membangun rumah, maka memilih theme sama dengan membangun pondasi.

Meski saat ini Anda belum berpikir untuk membangun rumah 2 lantai, maka paling tidak pondasi rumah Anda sudah disiapkan untuk rumah 2 lantai. Begitu mungkin analoginya.

Pondasi rumah adalah sesuatu yang sifatnya jangka panjang (long term). Sehingga sudah sepatutnya Anda menyiapkan blog Anda selayaknya pondasi rumah, bertahan untuk jangka waktu yang cukup lama.

Mengapa demikian? Anda harus mempertimbangkan kustomisasi yang sudah Anda lakukan, seperti menambah widget, menambah plugi.

Mungkin juga mengganti sidebar, mengisi konten artikel, karena ketika Anda mengganti theme maka apa yang sudah Anda lakukan berpotensi akan hilang.

 

Pilih Fitur Theme Sesuai Tren

Memilih theme, harus pula mempertimbangkan layout  dan fitur yang ada pada theme tersebut. Sekali lagi, meski itu theme gratisan dan bukan theme premium.

Melihat persaingan dalam dunia theme yang semakin ketat, para developer pun berlomba-lomba menyiapkan theme dengan beragam layout dan fitur kekinian.

Beragam fitur tersebut diantaranya, responsive layout, fixed layout, two columns, three columns, four columns, left sidebar, right sidebar, full widget, SEO friendly.

Fitur-fitur tersebut terkadang disertakan dalam paket free theme sebagai preview dari paket premium theme.

 

Pilih Theme Sesuai Kebutuhan

Misal, theme yang Anda butuhkan saat ini adalah sebuah theme untuk mengaktualisasikan diri Anda yang seorang guru, maka theme yang berbasis photografi tentu bukanlah pilihan yang pas untuk Anda.

Karena, theme bertema photografi akan sangat pas bagi seseorang yang berprofesi sebagai photografer, sehingga dia dapat menampilkan hasil karya jepretannya di blognya sendiri.

Begitupun halnya jika Anda jarang melakukan update blog Anda, namun memilih theme news atau magazine yang menuntut blog untuk selalu tampil update.

Maka hasilnya blog Anda akan terlihat seperti blog yang tidak pernah di update. Tentu saja memilih theme seperti ini harus dipertimbangkan.

Kedua hal tersebut menjadi alasan untuk memilih theme yang sesuai dengan konten artikel yang akan Anda tulis.[cr]

 

Sumber gambar: Duncan C

Be Sociable, Share!

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.