Skor SEO Rendah, Banyak PR Untuk Blog Ini

Menggunakan salah satu alat bantu yang ada di internet, saya mengukur blog choreed.com yang baru berusia 4 bulan.

Ada banyak catatan yang bakal menjadi PR alias pekerjaan rumah saya untuk perbaikan blog ini ke depan.

Ya, saya merasa hasil pengukuran tersebut sebagai PR saya untuk memperbaiki kinerja blog ini.

Saya juga merasa, meski blog choreed.com ini baru seumur jagung, namun perlu dikelola dengan tepat, idealnya sedari awal.

Namun, tak ada kata terlambat untuk memperbaiki apa yang sudah dikelola selama ini yang mungkin masih kurang tepat.

Baca juga: Hidayah Datang, Blog Berbayar Siap Menantang

Apa Itu Statscrop.Com?

Statscrop.com. Ya, itulah tools yang saya gunakan untuk mengukur kinerja blog saya.

Yang telah membantu saya dengan memberikan informasi yang saya perlukan untuk mengoptimalkan kinerja blog ini.

Bagi Anda yang belum tahu, mungkin Anda akan bertanya apa itu statscrop.com?

Statscrop.com adalah sebuah layanan web yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi terkini dan sejarah dari sebuah website atau blog,

Anda juga dapat mengetahui bagaimana pola kerja dari website atau blog tersebut, khususnya situs yang menjadi pesaing Anda, atau blog yang menjadi referensi Anda.

Tidak hanya itu, statscrop juga menginformasikan kepada Anda bagaimana cara untuk mengoptimalkan kinerja website atau blog Anda.

Diantaranya untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke blog Anda, dan tentunya berkaitan pula dengan potensi pendapatan yang ada di blog Anda ke depannya.

tools statscrop.com

Kinerja Blog Ini Berdasarkan Statscrop

Catatan yang saya dapat dari Statscrop, skor SEO blog saya ada di angka 30,3%, bahkan dua minggu sebelum artikel ini dibuat, skor SEO blog saya turun dan berada di angka 28,8%.

Beruntungnya, saat artikel ini dibuat, skor SEO-nya kembali ke 30,3%. Sebuah prosentase yang tentunya masih sangat minim sekali.

Bandingkan dengan skor SEO milik Situs Properti Terdepan di Indonesia yang telah berusia 16 tahun yaitu rumah.com, yang memiliki skor SEO 65,8%.

Atau, tengok skor SEO milik Situs Properti No 1 di Indonesia yang telah berusia 9 tahun yaitu rumah123.com dengan skor SEO 71,1%.

Baca juga: Situs Properti Indonesia Nomor 1, Rumah.Com atau Rumah123.Com

Kedua situs tersebut memang sangat tidak layak jika menjadi pembanding blog ini, dimana kedua situs tersebut dikelola secara profesional dan dengan nilai investasi puluhan miliar, sedangkan blog ini dikelola dengan konsep rumahan, dan nilai investasi yang sangat minim.

Jelas, bukan maksud untuk membandingkan, namun hanya sebagai catatan atau gambaran saja.

skor seo blog

Baca juga: Berganti Baju Dari Theme Mystique Ke Eventbrite Multi Event

Hal Pertama Yang Akan Saya Lakukan

Berkaca dari hasil pengukuran tersebut, maka langkah paling awal yang akan saya lakukan adalah bagaimana mengatasi loading time untuk homepage blog saya, agar tidak lagi dibilang “too slow” alias sangat lambat.

Saya beranggapan, masalah di blog ini adalah terkait dengan minim atau tidak optimalnya kinerja theme yang saya gunakan saat ini, sebuah theme keluaran MH Theme dengan seri MH Magazine Lite.

Yang saya gunakan bukan theme premium memang, karena saya mendapatkannya di Dashboard > Appearance > Themes untuk free edition, atau Anda bisa mengeceknya disini.

Dari gambaran tersebut diatas, ada dua kriteria yang akan saya jadikan sebagai pedoman untuk mencari pengganti theme MH Magazine Lite.

Kriteria pertama, theme yang baru harus memiliki loading time yang cepat (fast load time), dan yang kedua, theme tersebut harus sudah SEO friendly.

Sementara untuk kriteria lain, seperti desain, layout, fitur, dan theme colour, bukanlah prioritas utama alias mengikuti dua kriteria diatas.[cr]

Be Sociable, Share!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.