Selfie Atau Swafoto, Namun Beda Dengan Welfie, Groofie, dan Dronie

Tidak dapat dipungkiri bila saat ini, saat dimana jaman semakin maju dan canggih, alat untuk mengabadikan momen-momen indah melalui kamera digital maupun kamera analog telah mengalami kemajuan yang luar biasa.

Namun luar biasanya, karena kemajuan jaman itu tadi, fungsi kamera digital seperti DSLR perlahan mulai disematkan dalam handphone oleh berbagai merek produsen handphone. Jadilah handphone pun mengalami pergeseran, dan kini umum disebut sebagai handphone pintar, alias smartphone.

Kemajuan pada sektor kamera di smartphone merupakan salah satu bagian kecil dari aneka kemajuan yang disematkan pada sebuah smartphone.

Tapi, tahukah Anda, apakah sebutan bagi aktifitas para pemilik smartphone dalam mengabadikan momen-momen indahnya? Mungkin sebenarnya Anda sudah tahu, salah satunya dikenal dengan selfie.

Nah, artikel ini akan mengupas bedanya selfie, welfie, groofie, dan juga dronie.

Selfie

swafoto-or-selfie-moment-the-chainsmooker

Selfie, atau self portrait, atau bahasa gaulnya disebut dengan narsis, sedangkan menurut KBBI Daring disebut dengan swafoto, yang memiliki makna potret diri yang diambil sendiri dengan menggunakan kamera ponsel atau kamera digital, biasanya untuk diunggah ke media sosial.

Kaum hawa kerap melakukan selfie, seperti ketika selesai melakukan perawatan diri di salon, atau ketika selesai di make-up. Hasil jepretan selfie tersebut kemudian diunggah di lini masanya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kolom Komentar Di Page Blog WordPress

Welfie

Sedangkan Welfie, adalah aktifitas potret bersama lebih dari satu orang, yang untuk pengambilan gambarnya dilakukan oleh satu orang menggunakan kamera ponsel atau kamera digital, dan biasanya juga untuk mengabadikan momen kebersamaan sebelum diunggah ke media sosial.

Aktifitas ini pun kerap dilakukan oleh kaum hawa, seperti ketika sedang melakukan arisan, atau birthday party bersama rekan-rekannya.

Groofie

Tidak jauh berbeda dengan Welfie, maka Groofie pun merupakan istilah lain dari Welfie, yakni aktifitas berswafoto bersama, lebih dari satu orang, tanpa bantuan orang lain, menggunakan smartphone salah seorang yang sedang melakukan selfie group tersebut.

Jika yang tergabung dalam swafoto bersama ini, atau welfie, memiliki jumlah yang banyak, katakanlah lebih dari 10 orang, maka kesepuluh orang tersebut dapat terpotret dengan baik oleh orang yang memiliki badan yang tinggi, dan memiliki tangan yang panjang. Ingat, jangan dilakukan oleh orang yang sebaliknya yah.

Namun, jangan terlalu khawatir, karena hal tersebut dapat diatasi oleh beberapa smartphone, salah satunya Samsung Galaxy Note 10 Lite, melalui salah satu fiturnya yakni smart selfie angle.

Fitur tersebut akan secara otomatis membuat kamera menjadi wide-angle selfie saat dalam frame terdapat lebih dari 1 orang.

Baca juga: Cara Memblokir Kontak Di WhatsApp

Dronie

Saat ini aktifitas foto memfoto bukan lagi sebatas foto selfie, foto orang dengan orang, foto orang dengan binatang, maupun foto pemadangan menggunakan kamera telefoto ataupun lensa wide saja.

Melainkan sudah mengarah pada pengambilan gambar, baik foto maupun video, menggunakan bantuan drone.

Jika pada masa sebelumnya, pengambilan gambar udara menggunakan bantuan pesawat khusus seperti pesawat militer, maupun pesawat helikopter, namun kali ini, sudah ada alat yang fungsinya sama seperti pesawat, yang dinamakan dengan drone, yang lalu kemudian disematkan kamera, dan dikendalikan dari darat oleh seseorang yang disebut dengan pilot.

Kemampuan seorang pilot drone, bukan sebatas kemampuan mengendalikan drone saja, tetapi juga memilah angle-angle yang bagus untuk dilakukan foto udara. Aktifitas pengambilan gambar udara ini disebut dengan dronie.

Baca juga: 5 Tips Aman Bagi Anda Yang Gemar Belanja Online

***

Penutup

Selain hal-hal yang sudah disebutkan diatas, ternyata masih ada definisi-definisi lain menyangkut aktifitas foto yang mungkin akan kita bahas dalam artikel selanjutnya.

Nah, perlu Anda tahu juga, kabarnya berfoto menggunakan bantuan tongkat narsis atau tongsis, bukan termasuk kategori selfie lho.

Dan bahkan, istilah selfie telah masuk dalam kamus Oxford, sama halnya dengan swafoto yang telah masuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring.[cr]

Sumber gambar: Youtube

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.