aplikasi mobile Nusantara Beta

Nusantara Beta, Aplikasi Travel Guide Karya Anak Bangsa

“Kenali Negerimu dalam Genggamanmu”

Begitulah bunyi jargon yang ditampilkan dalam sebuah situs karya anak bangsa yang lahir karena dilatarbelakangi oleh kepedulian akan pariwisata di negeri tercinta Indonesia.

Pada beberapa waktu lalu, Malaysia sempat diberitakan mengklaim beberapa warisan budaya bangsa Indonesia, seperti batik, reog Ponorogo, tari pendet, lagu rasa sayange, makanan khas Padang rendang, serta sejumlah makanan khas dan cita rasa nusantara. Tak tanggung-tanggung, sinetron PPT (Para Pencari Tuhan) pun diklaimnya.

Belum lagi sejumlah pulau yang sudah sejak lama diklaim oleh Malaysia, seperti Pulau Sipadan Ligitan, Ambalat, dan mungkin ke depan masih ada lagi yang akan diklaim Malaysia.

Berbekal keprihatinan tersebut, sekelompok mahasiswa dan alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, yang peduli akan pariwisata dan warisan budaya bangsa Indonesia membuat sebuah aplikasi berbasis mobile.

Aplikasi tersebut dibangun dengan semangat idealisme dan dedikasi para pemuda untuk bangsanya yang ingin mengenalkan segala keindahan Indonesia, dari mulai wisata, budaya, sejarah, maupun fakta-fakta lainnya tentang Indonesia yang dapat ditampilkan melalui beberapa platform teknologi.

aplikasi mobile Nusantara BetaMelalui www.nusantarabeta.com, aplikasi mobile yang dinamai Nusantara Beta (Nusantara Saya) menjadi sebuah panduan saat Anda melakukan perjalanan wisata (travel guide) pada sebuah lokasi tujuan wisata.

Aplikasi tersebut sepenuhnya didedikasikan untuk mendukung kampanye program kunjungan wisata oleh wisatawan domestik (wisdom) maupun wisatawan mancanegara (wisman) dengan melibatkan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf),  Indonesia’s Official Tourism dan Good News From Indonesia.

Menurut salah satu developer-nya, M Imam Mudzakkir, cara kerja aplikasi ini adalah dengan bantuan GPS yang mendeteksi keberadaan gadget Anda. Dari gadget tersebut nantinya akan ditampilkan informasi lokasi wisata terdekat, termasuk jaraknya, serta aksesnya ke lokasi wisata tersebut yang ditampilkan melalui sebuah peta.

Selain itu, setelah berada di lokasi wisata yang dituju, Anda dapat mengakses informasi atau petunjuk tentang keberadaan sarana pendukung yang ada di lokasi wisata tersebut, bisa berupa ATM, exit gate, musholla, mesjid, cafetaria, maupun yang lainnya. Tidak dapat dipungkiri, jika kita kerap kali kesulitan menentukan arah tujuan saat berada di lokasi wisata.

Aplikasi Nusantara Beta pada tahap awal (Nusantara Beta V.1) dibangun untuk gadget dengan platform Android dan Blackberry. Pengembangan berikutnya dan akan segera diluncurkan, yaitu Nusantara Beta (Nusantara Beta V.2) yang dirancang support untuk gadget tidak hanya platform Android dan Blackberry saja, tapi juga mendukung iPhone, Windows Phone, Symbian, Mobile Web, dan Web.

Dijadwalkan, pada hari Jum’at (8 Juni 2012) tepatnya pukul 19.00 WIB, akan dilakukan launching Nusantara Beta V.2 yang bertempat di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf Jalan Medan Merdeka Barat No. 17 Jakarta.

Satu catatan yang harus diapresiasi, aplikasi tersebut dapat digunakan secara free alias tidak berbayar. Anda hanya perlu mengunduhnya pada website Nusantara Beta, dan sudah disiapkan beberapa platform sesuai dengan gadget yang Anda miliki.

Untuk menjadi orang pertama yang menggunakan aplikasi Nusantara Beta V.2, silahkan datang ke alamat diatas untuk menghandiri launching-nya dengan cara mendaftarkan diri Anda pada website Nusantara Beta.[cr]

Be Sociable, Share!

3 thoughts on “Nusantara Beta, Aplikasi Travel Guide Karya Anak Bangsa”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.