Cara Memindahkan Seluruh Konten Blog Lama Ke Blog Baru

Selamat bertemu kembali di postingan lanjutan dengan judul posting cara memindahkan seluruh konten blog lama ke blog baru.

Hehe…mohon maaf jika selama beberapa waktu saya lupa dan baru ingat, jika saya punya hutang postingan lanjutan cara memindahkan konten blog lama ke blog baru.

Langsung saja…

Oya, sebelumnya saya coba ingatkan sedikit, yang dimaksud dengan blog lama di postingan ini adalah blog gratisan saya yang masih menggunakan domain wordpress.com.

Sedangkan blog baru disini adalah blog yang dibangun dengan domain dan hosting berbayar, ya blog inilah yang saya maksud.

Nah, jika Anda dalam kondisi yang sama dengan saya, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang saya lakukan, dan berikut penjelasan lebih lanjutnya.

Pada postingan sebelumnya, saya telah menjelaskan cara mengekspor seluruh postingan artikel, termasuk gambar dan komentar di dalam blog gratisan yang pernah saya buat, hingga menjadi sebuah file berekstensi .xml.

Langkah-Langkah Mengimpor Konten Blog

Nah, pada postingan kali ini, saya akan coba jelaskan cara mengimpor file xml yang sebelumnya sudah diekspor dan diunduh ke dalam desktop, lalu akan kita panggil untuk disimpan di blog yang baru.

Langkah Pertama

Langkah pertama adalah login ke blog yang baru.

Sesudah itu, pada Dashboard cari menu Tools, kemudian klik pada sub menu Import, lalu akan muncul halaman pop-up yang meminta untuk menginstal plugin Importer, selanjutnya klik “Install Now”.

Setelah plugin tersebut terinstal, langkah berikutnya adalah mengaktifkan plugin Importer.

Jika sudah aktif, WordPress akan menanyakan sistem apakah yang digunakan sebelumnya?

Ada 8 pilihan sistem yang diakomodir WordPress untuk melakukan proses impor ini, diantaranya Blogger, Blogroll, Categories and Tags Converter, LiveJournal.

Lalu, ada Movable Type and Typepad, RSS, Tumblr dan WordPress sendiri, dan kebetulan blog saya sebelumnya berplatform WordPress.

choreed-tools-import-01

Langkah Kedua

Langkah kedua, yaitu memanggil file berekstensi .xml yang sudah didownload pada tahapan ekspor. Anda tinggal mengklik tombol “Choose File” dan mencari file .xml didalam PC Anda.

choreed-tools-import-02

Langkah Ketiga

Ketiga, setelah ditemukan file .xml yang dicari, silahkan Anda klik file tersebut sebagai file yang dipilih.

choreed-tools-import-03

Langkah Keempat

Keempat, setelah file .xml yang Anda pilih sudah muncul lalu berikutnya Anda klik “Upload file and import”, dan file akan dibaca beberapa saat.

choreed-tools-import-04

Langkah Kelima

Langkah terakhir, atau Kelima, setelah file dibaca beberapa saat kemudian akan muncul halaman berikut dengan pilihan untuk tetap menggunakan username lama atau membuat username yang baru.

Jika sudah, berikutnya centang “Download and import file attachments”, dan lalu klik “Submit” jika sudah yakin dengan pilihan yang dilakukan.

choreed-tools-import-05

Berikutnya, tunggu hingga beberapa saat, karena sistem akan melakukan proses impor file .xml ke blog yang baru, dan umumnya memakan waktu 2 hingga 20 menit, tergantung besar file .xml-nya.

Jika proses ini sudah selesai, maka semua konten yang ada di blog lama sudah bermigrasi sepenuhnya di blog yang baru.

Demikianlah, artikel cara memindahkan seluruh konten blog lama ke blog baru yang dibahas dalam 2 sesi postingan, dan semoga bermanfaat.[cr]

Be Sociable, Share!

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.