Membangun Niche Blog Untuk Hasilkan Uang Dari Blog

Membangun Niche Blog Untuk Hasilkan Uang Dari Blog

Sudah satu minggu berselang saya belum melakukan postingan lagi di blog ini. Penyebabnya, saya sedang dibuat penasaran saat melakukan riset kata kunci untuk niche blog yang nantinya akan saya kembangkan.

Dengan bantuan Google Keyword Planner setiap kata atau frase saya coba, lalu saya lihat jumlah average per month-nya sekaligus tingkat persaingannya seperti apa.

Dalam riset tersebut saya masih arahkan kata atau frase untuk menyasar pasar lokal.

Apakah Niche Blog Itu?

apakah-niche-blog-ituNiche blog adalah topik atau tema dari sebuah blog yang membahas suatu masalah secara lebih spesifik dengan tujuan untuk menyasar sebuah pasar tertentu.

Kombinasi antara minat dengan ceruk pasar sangat menentukan perjalanan sebuah niche blog.

Para pakar berpendapat, pilihlah sebuah ceruk pasar yang dapat berlangsung secara long term.

Artinya kebutuhan pasar dapat saja bertahan lama, meski juga memiliki kemungkinan berubah seiring berjalannya waktu.

Kembali lagi ke rasa penasaran saya tadi, yang dilatarbelakangi setelah membaca artikel di salah satu postingan blogger lokal.

Bahwa niche blog spesifik hanya membutuhkan 20 ribu view per bulan untuk memiliki potensi US$2.000.

Bandingkan dengan blog yang umum yang membutuhkan 500 ribu – 1 juta view per bulan agar memiliki potensi penghasilan yang sama dengan sebuah niche blog.

Ironisnya, jika blog ini ingin memiliki potensi seperti diatas, maka view per bulannya harus di atas angka 500 ribu hingga 1 juta view, karena jelas sekali blog ini berjenis blog umum alias blog gado-gado.

Dan pertanyaan besarnya, KAPAN ITU TERJADI??

Lhaa blog ini saja baru seumur jagung, lantas butuh waktu berapa belas tahun, dan butuh berapa belas ribu artikel, agar bisa punya minimal 500 ribu view per bulan.

Belum lagi jika semua artikelnya dikerjakan sendiri.

Sejatinya, sedari awal saya mulai ngeblog di wordpress.com, saya sudah mengetahui bahwa dengan membangun sebuah niche blog, maka make money blogging akan lebih cepat terwujud.

Kendala pada saat itu, dan saya yakin secara umum juga sama, yaitu masalah expertise terhadap sebuah topik.

Pemikiran saya, dengan blog yang saya kelola saat ini yang notabene bukanlah niche blog, melainkan blog gado-gado dengan topik yang beragam jenis, suatu saat nanti baru akan saya monetisasi.

Saya ingin melihat feedback dari pengunjung terhadap blog ini terlebih dahulu, di topik mana yang terlihat menonjol.

Jadi sebenarnya, saya melakukan proses yang lebih panjang untuk tujuan make money blogging itu tadi, yaitu dari topik yang umum dulu.

Lalu nanti ketika sudah berjalan, baru diarahkan menuju ke topik yang lebih spesifik yaitu niche blog.

Niche Blog Menyasar Pasar Lokal

Niche blog yang akan saya bangun tersebut rencananya saya arahkan untuk menjalakan bisnis afiliasi.

Afiliasi merupakan suatu cara mengembangkan bisnis dengan cara memanfaatkan sosialisasi yang secara terarah dilakukan oleh individu dan badan usaha.

Dan kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan seperti yang sudah disepakati bersama.

Simpelnya, tugas saya nantinya selaku pemegang afiliasi yaitu mempromosikan produk dari pemilik afiliasi, semisal situs jual beli online yang saat ini sudah mulai bertumbuhan di Indonesia.

Seperti yang kita kenal saat ini yaitu Lazada, Zalora, Elevenia, dan banyak lainnya, serta dapat juga menyasar pasar global melalui kerja sama afiliasi dengan situs jual beli online seperti Amazon.

Dalam mengembangkan niche blog, perlu diawali dengan memilih kata kunci yang tepat, karena itu artinya trafik tinggi menanti dan itu berarti ekuivalen dengan Google halaman pertama.

Dengan muncul di Google halaman pertama, maka kemungkinan dilihat (view-nya) pun akan tinggi.

Jika view-nya tinggi, maka potensi terjadinya transaksi pun akan tinggi, dan bisa dipastikan royalti pun siap mengalir.

Perkembangan bisnis situs jual beli online saat ini yang dialami baik oleh Lazada, Zalora, Elevenia, Bhinneka maupun yang lainnya, merupakan buah dari multiplier effect.

Dimulai dari industri gadget dengan layar lebar dan layar sentuhnya, persaingan di dunia operator seluler dengan tarif paket internet yang banting-bantingan harga.

Belum lagi terjadinya kemacetan lalu lintas ketika akan membeli sebuah produk, ditambah layanan perbankan yang semakin hari semakin membuat orang mudah.

Serta semakin meleknya orang terhadap internet sekaligus bertumbuhnya trust di masyarakat terhadap bisnis jual beli online, sehingga itu semua menjadi sebuah trend baru.

Hal itu masih ditambah dengan adanya subtitusi pemasaran oleh pemilik afiliasi tadi.

Dari yang sebelumnya dilakukan secara konvensional oleh mereka sendiri beralih menjadi pemasaran yang dilakukan secara keroyokan oleh para pemegang afiliasi dalam hal ini para pemilik niche blog.

Nah, jelas sekali bukan betapa besarnya potensi yang tersimpan di pasar lokal.

Itu belum termasuk pasar di luar, sehingga ini merupakan sebuah kesempatan yang harus digarap oleh para blogger Indonesia untuk mendulang rupiah dengan mengembangkan niche blog.

Maka, jadilah pemain, jangan hanya jadi penonton di pasar sendiri. Good luck.[cr]

Image Source : www.blogeasyway.com

Be Sociable, Share!

3 thoughts on “Membangun Niche Blog Untuk Hasilkan Uang Dari Blog”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.