Laporan Bulanan Blog: Edisi Juli 2015

Berjumpa lagi pada Laporan Bulanan Blog choreed.com edisi Juli 2015. Sebuah report bulanan blog choreed.com yang mulai dirilis pada bulan Mei 2015 sebagai edisi perdana pasca beralih ke domain self hosted.

Melanjutkan hal yang akan dijadikan sebagai tradisi rutin bulanan di blog ini, meski entah itu sampai kapan akan dilaksanakan, saya sendiri belum tahu, tapi paling tidak untuk saat ini saya merasa perlu membuat postingan berseri ini.

Dimulai sejak edisi pertama Mei 2015 lalu, yang menampilkan metrik satu bulan penuh selama April 2015, dan berlanjut hingga edisi sekarang, dan masih akan terus saya posting secara berkala setiap bulannya yang entah sampai kapan LBB ini akan terus di report kepada pengunjung blog ini, dan khususnya bagi saya sebagai catatan dokumentasi untuk melihat tren atau perkembangan blog choreed.com.

Postingan LBB edisi ketiga ini saya akan merilis laporan perkembangan bulanan blog choreed.com selama bulan Juni 2015.

Jadi, ketika satu bulan penuh sudah habis, maka pada awal bulan atau di minggu pertama setiap bulannya, saya akan merilis laporan perkembangan blog selama satu bulan ke belakang.

Manfaat yang akan didapatkan dengan keberadaan LBB ini bagi pemilik blog adalah menjadi sebuah dokumentasi perjalanan panjang blog ini hingga ke titik yang diharapkan, yang tentunya diawali sebagai bahan masukan untuk evaluasi.

Sedangkan, manfaat yang akan didapatkan bagi pengunjung blog ini adalah pengunjung dapat melihat atau menyaksikan hal-hal apa yang diperlukan maupun yang tidak diperlukan untuk dijadikan sebagai bahan koreksi dalam membangun blognya masing-masing.

LBB ini akan memuat data-data metrik yang dihasilkan oleh Google Analytics yang disajikan dalam bentuk visual atau screenshot.

Baca Juga: Laporan Bulanan Blog: Edisi Juni 2015

Postingan Juni 2015

Mengelola blog identik dengan mengelola trafik. Belajar dari pengalaman, untuk menghasilkan trafik yang bagus maka harus diimbangi dengan memposting artikel secara konsisten, selain tentunya hal-hal diluar urusan posting memposting, semisal SEO (Search Engine Optimization).

Komitmen untuk memposting artikel secara konsisten merupakan sebuah tantangan yang berat.

Saya sendiri berharap secara konsisten dapat memposting artikel setiap bulannya sebanyak 10 postingan.

Selama bulan Juni 2015, blog ini telah menghasilkan 9 postingan dari target 10 postingan setiap bulan.

Berikut ini adalah daftar postingan, yang bisa Anda temukan pula di daftar Arsip blog ini.

Data Metrik Blog

Berikut tersaji metrik yang terdapat pada Google Analytics dan dijadikan sebagai materi laporan bulanan blog ini.

Audience Overview Juni 2015

Jumlah users (pengunjung unik) blog ini selama bulan Juni 2015 berdasarkan catatan Google Analytics mencapai 1.218 users dibandingkan bulan Mei 2015 yang sebesar 874 users.

Sedangkan jumlah pageviews meningkat dari sebelumnya 1.735 pageviews menjadi 2.242 pageviews.

Laporan Bulanan Blog Edisi Juli 2015

Jika menyimak komparasi capaian Users untuk bulan Juni dibanding bulan sebelumnya terjadi peningkatan sebesar 39,36% dari sebelumnya di bulan Mei sebanyak 874 menjadi 1218 di bulan Juni.

Begitupun dengan Pageviews, mengalami peningkatan namun sayangnya hanya sebesar 29,22% dari 1.736 di bulan Mei menjadi 2.242 di bulan Juni.

Laporan Bulanan Blog Edisi Juli 2015

Traffic Details

Menurut Google Analytics prosentase trafik terbesar blog ini dihasilkan melalui Direct sebesar 67,6%, Organic Search sebesar 20,3%, Referral sebesar 11,4%, dan melalui Social sebesar 0,7.

Laporan Bulanan Blog Edisi Juli 2015 

Keyword

Terlihat dalam gambar berikut adalah 10 besar jumlah pengunjung blog yang datang ke blog ini dengan mengetikkan keyword (kata kunci) menggunakan mesin pencari.

Laporan Bulanan Blog Edisi Juli 2015

Device

Perangkat yang mengakses blog ini terbanyak bersumber dari perangkat station atau desktop, baik PC maupun laptop, berikutnya perangkat mobile atau gadget, dan terakhir yang bersumber dari perangkat tablet.

Laporan Bulanan Blog Edisi Juli 2015

Menarik untuk disimak adalah perangkat mobile. Varian gadget yang mengakses blog ini dan diketahui dengan jelas diantaranya adalah Samsung GT-I9152 Galaxy Mega 5.8, lalu Asus T00F, Samsung SM-G355H Galaxy Core II, Apple iPad, Blackberry 9220, Blackberry Z10, LG E410 Optimus L1 II, Samsung GT-I9500 Galaxy S IV.

Melihat statistik tersebut, tergambar jelas betapa pabrikan gadget asal Korea dengan merk Samsung merajai dunia smartphone.

Sudah menjadi keharusan bagi para pemilik blog untuk membuat blognya gadget friendly dan eye catching dan dibalut dalam sajian yang compact.

Berbekal plugins WPtouch Mobile Plugin hal tersebut menjadi mudah untuk diwujudkan, hasilnya tampak seperti terlihat dibawah ini.

Laporan Bulanan Blog Edisi Juli 2015

Browser

Browser yang digunakan untuk mengakses blog ini terbanyak adalah Chrome (1.098), Firefox (87), Opera Mini (42), UC Browser (21), Android Browser (9) seperti terlihat dalam screenshot berikut ini.

Laporan Bulanan Blog Edisi Juli 2015

 

Penutup

Untuk LBB bulan Juli mendatang, saya berharap dari effort yang saya lakukan dapat menarik setidaknya 1.500 users (pengunjung unik) ke blog ini, disertai pula dengan kenaikan-kenaikan metrik lainnya.

Semoga.[cr]

Be Sociable, Share!

2 Comments

  1. Bimasena | | Reply

    Awal yang lumayan gan.. Hampir sama seperti di Blog saya, yang namanya Blog baru ( baru pindah ) terkadang trafic masih naik turun dan cenderung tidak terlalu banyak.. Mungkin kita harus berjuang lagi gan, entah berapa bulan atau tahun lagi… Happy Blogging..

    • choreed | | Reply

      Hehe…kira-kira begitu Mas Bima.
      Tetap semangat, keep posting and happy blogging.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.