Jack Ma, Si Gaptek Miliarder Pemilik Alibaba.Com

Jack Ma, Si Gaptek Miliarder Pemilik Alibaba.Com

Melihat judul postingan diatas, rasanya ironis sekali, seorang pemilik Alibaba.com yaitu sebuah bisnis e-commerce terbesar di China namun gaptek alias gagap teknologi.

Dia adalah Jack Ma, seorang pendiri, owner, CEO atau apalah sebutannya, dari sebuah bisnis besar e-commerce bernama Alibaba.com yang membuatnya menjadi orang terkaya di China dengan taksiran hartanya sebesar USD 23,6 miliar.

Berbeda dengan Bill Gates sang pendiri Microsoft, atau Marck Zuckerberg sang pendiri Facebook, yang keduanya itu memang memiliki kemampuan diatas rata-rata untuk urusan teknologi informasi, maka Jack Ma, sebagaimana diakuinya, tidak memiliki kemampuan dalam bidang teknologi.

Profil Jack Ma Muda

Seorang Jack Ma lahir di Hangzhou yang terletak di Provinsi Zhejiang, China pada tanggal 10 September 1964, dan tumbuh dalam lingkungan masyarakat yang sederhana kala itu, tepatnya pada sekitar tahun 1980-an.

Kegagalan adalah hal yang sangat akrab dengannya. Kegagalan saat harus memilih sekolah dikarenakan rendahnya nilai matematika, membuatnya selalu ditolak diterima di sekolah yang dilamarnya.

Namun berbekal prinsip dan optimisme yang kuat, Jack berhasil melalui kondisi tersebut, dan bahkan menyebarkan kalimat inspirasi, “Jangan pernah menyerah, hari ini memang berat, dan besok mungkin akan lebih buruk, tapi lusa matahari akan bersinar.”

Usia remaja hingga menginjak dewasa, bertepatan dengan kondisi dimana negara Tirai Bambu itu mulai membuka diri terhadap bangsa barat, Jack muda pun membuka diri dengan belajar bahasa Inggris di sebuah hotel yang berjarak tidak sampai 1 jam dengan mengendarai sepeda yang dikayuhnya.

Pengalaman sekian tahun melakukan english practice dengan para turis asing di hotel tersebut rupanya menularkan paradigma orang-orang Barat kepada Jack muda sebagai orang Timur tentang hidup.

Banyak hal berbeda yang dia dapat dari orang bule dengan apa yang dia dapatkan saat masih di bangku sekolah dulu. Bahkan, cara berpikirnya sudah sangat borderless alias mengglobal dibanding mayoritas masyarakat China.

Awal Mula Berdirinya Alibaba.Com

Jack Ma, Si Gaptek Milyarder Pemilik Alibaba.ComBerdirinya Alibaba.com sebagai sebuah perusahaan e-commerce dunia diawali ketika Jack muda, mencoba internet pada tahun 1995-an. Ketika itu, dia hendak mencari kata “China” dan “beer”, namun dia tidak menemukan hasil yang diharapkan.

Rasa ingin tahu yang tinggi membuat dia bersama temannya membuat sebuah laman website untuk terjemahan bahasa China kala itu.

Apa yang dibuatnya itu, dalam hitungan jam saja sudah langsung mendapat respon yang sangat positif melalui kiriman email dari para pengguna laman webnya, yang membuatnya merasa terbantu dalam membangun webnya ketika itu.

Kurang dari 5 tahun berselang, ternyata hal tersebut menjadi bekal dan mengilhami seorang Jack Ma untuk membangun sebuah website e-commerce.com yang merupakan impiannya.

Pada tahun 1999 Jack mengadakan presentasi di hadapan calon investornya, dan memaparkan tentang visi globalnya, sehingga kemudian terkumpullah uang sebanyak USD 60 ribu dan lahirlah Alibaba.com menjadi sebuah perusahaan global.

Faktanya Alibaba.com berkibar hingga sekarang, dan menjadi salah satu perusahaan yang diburu oleh para investor di bursa saham New York pasca dilepas perdana.

Namun sejatinya, kibaran bendera Alibaba.com saat ini tidaklah dihasilkan melalui proses yang mudah.

Sebelum ini, Jack Ma sudah melampaui banyak kegagalan, tidak hanya kegagalan saat di usia sekolah saja, bahkan juga saat Jack beranjak dewasa dan masuk ke dunia kerja.

Puluhan tempat kerja coba dilamarnya, namun sebanyak itu pula kegagalan selalu identik dengannya.

Penolakan diterima kerja rupanya menasbihkan dirinya hanya diciptakan untuk menciptakan lapangan pekerjaan, bukan sebaliknya.

Kalimat optimisme lainnya pun muncul dari sosok Jack Ma, bahwa “Jika kamu tidak menyerah, kamu masih punya kesempatan. Dan ketika kamu masih belum besar, kamu harus sangat fokus dan bergantung pada otakmu, bukan fisikmu”.

Baca juga: Kisah Sukses Herman Yudiono Meraup Ratusan Juta Rupiah Dari Internet

Pesan Jack Ma

Jack Ma, Si Gaptek Milyarder Pemilik Alibaba GroupAda banyak pelajaran yang bisa dipetik dari sosok seorang Jack Ma yang tidak lain adalah founder Alibaba.com.

Menurutnya, hidup adalah berkaitan dengan cara pandang atau paradigma seseorang dalam memaknai hidup itu sendiri, juga dalam membaca peluang-peluang dan kesempatan, meskipun hakikatnya selalu ada kekurangan dalam diri setiap orang.

Contohnya adalah dirinya sendiri, meski dia bukan seorang yang ahli teknologi, tapi dia mampu melihat dan mengukur sebuah peluang selalu dari kaca mata orang lain atau calon konsumennya.

Dia selalu meyakini dan memikirkan hal apa yang harus dilakukan oleh setiap orang jauh dimasa depan, 10 atau 15 tahun ke depan.

Kesuksesan yang diraih Jack saat ini adalah berkat impiannya 15 tahun yang lalu. Terpenting dari itu semua adalah kesabaran.

Kesabarannya menghadapi setiap kegagalan adalah pangkal dari kesuksesannya saat ini. Seperti pepatah bilang, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.

Dua pesan Jack Ma lainnya yaitu tentang kerja keras dan garis kenyataan. “Jika Anda hanya bekerja normal, yaitu mulai jam delapan dan pulang ke rumah pukul lima, maka Alibaba tidak akan pernah mencapai titik kesuksesan, dan lebih baik mengerjakan hal lain saja.”

“Jika Anda miskin pada usia 35 tahun, itu artinya Anda memang pantas mendapatkannya.”

Makna keduanya, bahwa dengan bekerja keras maka kesuksesan bukanlah hal mustahil yang bisa diraih, dan mengenai garis kenyataan, tentunya itu menjadi bahan renungan, apakah saat ini kita memang dalam kondisi seperti yang disampaikan Jack Ma melalui pesannya?

Jika iya, mudah-mudahan kita masih diberikan kesempatan.[cr]

Sumber gambar: Bosshunting & Yourstory

Be Sociable, Share!

2 thoughts on “Jack Ma, Si Gaptek Miliarder Pemilik Alibaba.Com”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.