Cara Menghilangkan Kolom Komentar Di Page Blog WordPress

Bagaimana cara menghilangkan kolom komentar di page blog WordPress? Pertanyaan ini kerap terlontar saat kita sudah menginstal plugin komentar, semisal WPForms, dimana kita bisa melakukan kostumisasi sesuai kebutuhan dan selera kita.

Beberapa bahkan menambahkan plugin WPForm sebagai halaman Kontak (Contact page) dengan maksud untuk menyediakan akses komunikasi antara pengunjung blog dengan pengelola blog.

Namun, disisi lain, terkadang kita lupa bahwa secara default, WordPress telah menyiapkan kolom komentar di tiap-tiap post, atau page pada blog kita. Baru sadar, setelah kita temukan dua kolom komentar pada satu page.

Tentu akan muncul ketidaknyamanan, alias kebingungan bagi pengunjung blog saat ingin memberikan pesan khusus bagi pemilik blog.

Nah, gambar berikut ini adalah salah satu contoh yang menunjukkan bahwa dalam satu halaman (page) terdapat dua kolom komentar, tentu ini akan membingungkan, dan melalui artikel ini akan kita coba untuk melakukan perbaikan, yang hasilnya akan kita lihat di gambar terakhir.

Baca juga: Plugin Simple Yearly Archive Terbaik Untuk Arsip Blog

contact page

Lalu, bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut diatas? Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Cara Membuat Internal Link Dengan YARPP

Cara Menghilangkan Kolom Komentar Di Page Contact Blog

  • Langkah pertama tentu Anda login ke Dashboard blog WordPress Anda.
  • Dari Dashboard, lalu Anda klik menu Pages. Gambar dibawah adalah contoh page yang ada di salah satu blog, dan terdapat 3 page, masing-masing About, Archive, dan Contact. Untuk memperbaikinya, klik Quick Edit. Anda dapat juga melakukan langkah yang sama untuk About dan Archive.
quick edit contact
  • Bila sudah di klik, nanti akan tampak sebagaimana gambar dibawah ini. Dalam gambar ditunjukkan melalui round rectangle dan panah, yang artinya kita sedang memperbaiki page Contact, lalu pada check box “Allow Comments” masih dalam posisi tercentang.
allow comment
  • Masih di Page yang sama, perbaikan dilakukan dengan melakukan klik pada check box “Allow Comments”, hingga hilang tanda centang.

hapus centang allow comment
  • Bila tanda centang sudah dihilangkan, jangan lupa untuk klik tombol “Update” agar kita bisa melihat perubahannya.
  • Gambar dibawah ini menunjukkan permasalahan awal kita dapat teratasi. Ya betul, sesederhana itu penyelesaian masalahnya, dan Anda dapat melihat pada box hijau, yang sudah kosong dari kolom komentar.
hasil contact page

Anda dapat melakukan hal yang sama bila Anda tidak menginginkan pengunjung blog Anda meninggalkan jejak komentar, mungkin lebih tepatnya bila postingan Anda lebih banyak diserang oleh komentar spamming.

Nah, akhirnya semoga artikel ini bermanfaat, dan terima kasih sudah berkunjung. Bila ada pertanyaan silahkan Anda tinggalkan komentar.[cr]

Baca juga artikel lainnya di blog ini :
Apa Yang Dimaksud Dengan Rate Card?
Cara Memblokir Kontak Di WhatsApp
Cara Menonaktifkan Youtube Di Android

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.