Cara Membuat Dan Memasang Favicon Blog Anda

Tahukah Anda, apakah favicon (favourite icon) itu? Favicon adalah sebuah logo blog, situs, atau website dengan dimensi tertentu yang tersedia dalam ukuran 16×16, 32×32, 48×48, 64×64 yang disematkan di blog Anda, dan akan muncul pada saat new tab browser di klik.

Situs-situs besar macam Google, Facebook, Twitter, maupun situs lokal seperti Detik, Kompas, maupun yang lainnya, juga menggunakan favicon.

logo favicon.uk

Berikut ini adalah cara untuk membuat favicon sekaligus memasangnya di blog Anda. Anda dapat mengikuti langkah-langkah demi langkah dengan seksama.

Pada postingan ini ada dua langkah yang akan dibahas, yang pertama cara membuat favicon dan yang kedua cara memasang favicon di blog Anda.

Membuat Favicon

Untuk membuat favicon blog Anda, langkahnya cukup sederhana, yaitu:

  1. Pada browser ketikkan favicon.co.uk.
  2. Jika sudah masuk ke halaman home Favicon Generator & Gallery, selanjutnya pada box The Favicon Generator silahkan Anda masukkan gambar atau logo sebagai materi yang akan dijadikan favicon untuk blog Anda. Untuk kebutuhan blog saya, pada opsi Favicon Size saya memilih size 32×32.
  3. Berikutnya setelah dilakukan langkah diatas Anda klik tombol ‘Generate Favicon’.
  4. Hanya membutuhkan tidak lebih dari 2 detik, Favicon yang di generate sudah tampak dan Anda dapat mendownloadnya untuk disimpan di laptop atau di PC Anda. Untuk sementara tahan dulu proses ini disini, berikutnya kita siapkan plugin penunjangnya untuk memudahkan proses penyematan.

favicon.uk home

 

Memasang Favicon

Untuk memasang favicon sesuai fungsi dan penempatannya, maka kita membutuhkan plugin yang dapat mempermudah kerja kita untuk mempercantik dan membuat blog kita terlihat profesional.

Plugin yang dimaksud adalah All In One Favicon. Plugin ini dapat kita temukan pada Dashboard > menu Plugins > sub menu Add New Plugins.

  1. Pada kolom search plugin Anda ketikkan ‘All In One Favicon’ lalu enter. Dan kemudian akan muncul beberapa plugin yang dapat dipilih sesuai kebutuhan untuk dipasang pada blog Anda. Namun karena Anda bermaksud untuk menginstall plugin All In One Favicon dan kebetulan yang Anda cari sudah tampak dihadapan Anda, selanjutnya Anda dapat langsung mengklik tombol ‘Install Now’. Setelah itu, tunggu sejenak hingga proses instalasi plugin berakhir.

choreed.com all in one favicon 01

  1. Jika proses instalasi plugin sudah selesai berikutnya aktifkan plugin yang sudah diinstal tersebut dengan mengklik tombol ‘Activate this Plugin’.

all in one favicon

  1. Setelah plugin diaktifkan, maka selanjutnya Anda tinggal meng-upload favicon yang sudah Anda download para proses sebelumnya. Anda cari dimana Anda simpan file favicon tadi, lalu jika sudah klik tombol ‘Save Changes’.

langkah favicon dengan all in one favicon

  1. Hasilnya seperti tampak pada gambar dibawah ini. Tentunya blog Anda akan terlihat lebih profesional bukan?

favicon choreed.com

Penutup

Demikian postingan cara membuat dan memasang favicon untuk blog Anda, sangat mudah sekali tentunya.

Jika ada kesulitan silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar dibawah ini, dan saya akan dengan senang hati meresponnya.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya.[cr]

Be Sociable, Share!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.