Cara Membuat Daftar Isi Pada Postingan Blog WordPress

Salah satu kriteria artikel blog yang baik yaitu memiliki jumlah kata minimal sebanyak 1.000 kata, bila lebih dari itu, serta ditambah beberapa gambar yang menunjang artikel tentu akan sangat baik di mata mesin pencari.

Dalam artikel Cara Membuat Daftar Isi Pada Artikel Blog WordPress ini, kita akan belajar bagaimana cara menyajikan sebuah postingan agar tetap menarik dan nyaman untuk dibaca oleh pengunjung blog Anda.

Menurut Yoast, artikel yang akan dijadikan sebagai anchorblog paling tidak harus memiliki artikel sebanyak 1.000 kata.

Bila Anda menggunakan plugin Yoast, ada satu fitur yang bisa Anda gunakan agar artikel blog Anda menjadi anchor blog. Fitur tersebut yaitu Cornerstone content.

cornerstone-off

Anda hanya perlu menggeser slider button dari posisi “off” ke “on”.

cornerstone-on

Fitur ini akan membuat salah satu artikel pada blog Anda menjadi inti dari blog Anda sendiri, yang tentunya perlu disiapkan artikel penunjang dari artikel inti. Anda bisa membuat beberapa inti blog dalam satu blog Anda, agar memiliki SEO yang baik.

Nah, sebagai artikel inti pada blog, tentunya artikel tersebut akan menjadi landasan dari sebuah blog, yang biasanya memiliki karakteristik artikel yang panjang, informatif, serta menggabungkan berbagai informasi dan pengetahuan dengan lebih lengkap.

Namun masalahnya, menulis dengan jumlah kata sebanyak itu juga bukan hal yang mudah, kecuali Anda terbiasa menulis artikel dengan melakukan riset terlebih dahulu, atau menulis artikel yang didasarkan atas pengalaman Anda, ataupun menulis artikel biografi seorang tokoh.

Lho, koq kita jadi bahas Cornerstone-nya Yoast ya?? Hehe…

Ok deh, kita balik maning nang laptop.

Cara Instalasi Plugin Daftar Isi Table of Contents

Jadi, untuk memulai membuat daftar isi pada postingan artikel blog WordPress, langkah-langkahnya sebagai berikut.

Oiya, disini kita akan menggunakan plugins Table of Content, dan sebelum melangkah lebih jauh, kira-kira Anda tahu gak yang dimaksud dalam artikel ini? Kalau belum “dong”, saya coba berikan gambar untuk memudahkan apa yang dimaksud dalam artikel ini.

contoh-daftar-isi-postingan-blog

Nah, kira-kira seperti itulah, maksud dari artikel ini. Semoga Anda menjadi jelas dan paham yah. Saya sih yakin, Anda sudah pernah menemukan blog dengan List Contents seperti diatas, alias Daftar Isi.

Ok, kalau begitu, Let’s check it out!

#1. Add New Plugins

Masuk ke Dashboard blog, lalu klik menu Plugins, berikutnya klik submenu Add New.

cara-membuat-daftar-isi-postingan-blog-wordpress-add-new-plugin

#2. Ketik Table of Contents

Langkah selanjutnya, Anda perlu mengetikkan plugin yang Anda inginkan pada kolom Keyword. Sebagaimana diinformasikan diatas, bahwa kita akan membahas tentang plugin Table of Contents, dimulai dengan mengetikkannya pada kolom Keyowrd hingga muncul beberapa pilihan yang bisa digunakan.

Namun disini kita hanya akan membahas tentang plugin Easy Table of Contents saja.

cara-membuat-daftar-isi-postingan-blog-wordpress-table-of-contents

#3. Instal Plugin

Pada langkah ini, plugin yang sudah kita pilih, yakni Easy Table of Contents, klik pada Install Now. Gambar dibawah menunjukkan proses instalasi sedang berjalan. Anda hanya perlu menunggu beberapa saat, hingga tombol berubah dari Install Now menjadi Activate.

cara-membuat-daftar-isi-postingan-blog-wordpress-instal-plugin

#4. Klik Activate

Pada langkah ini, kita klik tombol Activate, yang berarti plugin Easy Table of Contents telah masuk dalam daftar plugin yang kita gunakan dalam melakukan pengembangan blog.

cara-membuat-daftar-isi-postingan-blog-wordpress-activate

#5. Klik Settings

Setelah plugin Easy Table of Contents diaktivasi, maka secara otomatis plugin tersebut masuk dalam daftar plugin yang kita gunakan. Langkah berikutnya adalah meng-klik link Settings.

cara-membuat-daftar-isi-postingan-blog-wordpress-settings

#6. Sesuaikan Enable Support dan Auto Insert

Setelah masuk ke dalam Settings, maka kita perlu melakukan penyesuaian terhadap kolom Enable Support dengan mencentang checkbox Posts, dan Pages. Selain itu, Anda juga perlu mencentang checkbox Posts pada Auto Insert.

settings-enable-support-auto-insert

#7. Sesuaikan Header Label

Pada kolom isian, Anda dapat menyesuaikan header label sesuai yang Anda inginkan yang nantinya akan muncul di postingan artikel blog. Disini kita menggunakan Daftar Isi.

settings-header-label

#8. Save

Bila tahapan Settings telah Anda lakukan sesuai langkah-langkah diatas, ada 3 item yang kita lakukan Settings, yaitu Enable Support, Auto Insert, dan Header Label.

settings-save

Latihan Membuat Daftar Isi Postingan

Gambar dibawah menunjukkan Daftar Isi yang telah Anda buat di Word yang kemudian Anda copy paste ke Text Editor pada Dashboard blog.

Namun Anda perlu menyusun heading sesuai yang biasa Anda lakukan. Pada gambar dibawah, Heading 1 adalah judul artikel, lalu berturut Heding 2 yang berisi Heading 3, dan selanjutnya Heading 4.

membuat-daftar-isi-postingan-blog-wordpress-input-text-editor

Bila sudah Anda dapat menyimpannya sebagai Save as Draft saja, tanpa perlu di Publish karena ini hanya sekedar latihan.

membuat-daftar-isi-postingan-blog-wordpress-save-as-draft

Cek Hasil Pembuatan Daftar Isi

Bila Anda telah selesai dengan Text Editor Dashboard blog Anda, dan sudah disimpan sebagai Save as Draft, maka Anda perlu melihat hasilnya seperti apa.

Untuk mengeceknya seperti apa, Anda tinggal klik Preview saja.

membuat-daftar-isi-postingan-blog-wordpress-klik-link-preview

Bila sudah Anda klik Preview, maka hasilnya akan tampak seperti pada gambar dibawah ini.

cara-membuat-daftar-isi-postingan-blog-wordpress-preview

***

Penutup

Bagaimana menurut Anda, mudah sekali bukan Cara Membuat Daftar Isi pada postingan artikel di blog WordPress?

Sekarang, tampilan postingan artikel blog Anda menjadi keren, dan tentunya memudahkan pengunjung blog Anda untuk memulai membaca dari mana saja yang ia suka.

Semakin sering Anda berlatih, maka semakin Anda akan menemukan formula yang pas untuk pengembangan blog Anda.[cr]

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.