5 Blog Indonesia Berpagerank 1 Keatas Yang Wajib Anda Ketahui

5 Blog Indonesia Berpagerank 1 Keatas Yang Wajib Anda Ketahui

Jika Anda adalah seorang pemilik atau pengelola blog, maka tidak akan mudah untuk bisa mendapatkan PageRank, bahkan untuk PageRank 1 sekalipun.

Ada banyak cara yang harus Anda lakukan untuk membuat blog Anda menjadi populer di mata search engine, sekaligus untuk membuat blog Anda memiliki PageRank (PR) yang tinggi.

Nah, artikel ini hadir untuk membahas 5 blog berbahasa Indonesia yang memiliki pagerank 1 ke atas yang harus Anda ketahui.

Mengapa harus Anda ketahui?

Karena, selain memiliki PageRank 1 ke atas, artikel-artikel yang ada dalam blog-blog berikut ini menyajikan sejumlah tulisan menarik seputar pengelolaan blog.

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum melangkah lebih jauh, tentu saja definisi dari PageRank itu sendiri.

Apa Itu PageRank?

PageRank yaitu sebuah algoritma dari Google yang berfungsi untuk menentukan tingkat popularitas dari sebuah website atau blog dibanding website atau blog yang lainnya.

Algoritma tersebut dibuat oleh pendiri Google yaitu Larry Page dan Sergey Brin.

Konsep dasar PageRank sama dengan link popularity, namun tidak sebatas memperhitungkan jumlah inbound link dan outbond link saja.

Sebuah halaman akan dianggap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut, dan akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki PageRank lebih tinggi melakukan link ke halaman tersebut.

PageRank dari sebuah website atau blog merupakan hasil kalkulasi dan akumulasi dari jumlah halaman web yang ada pada website atau blog tersebut yang mendapat link dari halaman website atau blog lain yang memiliki PageRank lebih tinggi.

Disitulah kemudian penentuan ranking terjadi dimana proses tersebut dilakukan secara berulang melibatkan jutaan atau bahkan miliaran halaman web di internet melalui struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di internet.

Tentu saja ini adalah sebuah proses yang sangat besar dan kompleks.

Hingga artikel ini dibuat, paling tidak blog-blog berikut ini memiliki PageRank 1 keatas.

Blogodolar.Com

Blogodolar.com adalah sebuah blog besutan Herman Yudiono seorang pria asli Sumedang dan merupakan jebolan Kimia IPB pada tahun 2003, yang saat ini berdomisili di Makassar, Sulawesi Selatan.

Kang Yudiono biasa disapa, meniti karir di dunia pertambangan sebagai Ahli Kimia, dan sejak 2011 dia keluar dari perusahaan tambang nikel terbesar di dunia.

Dan sekarang beralih menjadi seorang full time blogger dengan berbagai blog yang telah dibuatnya sekaligus mendapatkan penghasilan yang tidak kalah dengan penghasilannya saat menjadi seorang chemist di perusahaan tambang tersebut.

Blogodolar hadir dengan tag line Tips Ngeblog Dari Seorang Full Time Blogger, yang memiliki pengunjung harian hingga mencapai angka 3.000 visitor per day, serta 6.000 lebih jumlah pageview per hari.

Sosok seorang Herman Yudiono dengan kisah inspiratifnya pernah diulas di blog ini, dalam beberapa postingan artikel.

Baca juga: Kisah Sukses Herman Yudiono Meraup Ratusan Juta Rupiah Dari Internet

Blogguebo.Com

Medhy Aginta, ya dialah pemilik sekaligus pengelola blogguebo.com.

Berbekal tagline Tips-tips Menghasilkan Uang Dari Blog, blogguebo.com membahas tentang seluk beluk dunia blogging dan tips-tips bagaimana cara menghasilkan uang lewat blog, khususnya blog yang berbahasa Indonesia.

Dia telah menekuni dunia blogging sejak tahun 2006 sebagai blogger paruh waktu.

Beragam penghargaan pun telah diraihnya dan karenanya membuat blogguebo menjadi salah satu guidance bagi para blogger Indonesia yang ingin mendapatkan uang lewat blog.

Beberapa prestasi yang diraih oleh blogguebo.com diantaranya terpilih sebagai finalis blog berbahasa Indonesia terbaik dalam kompetisi blog internasional Deutsche The BOB’s (Best of Blog) pada tahun 2008 dan 2010.

Selain sejumlah prestasi yang membuat blogguebo.com menjadi bahan liputan media, Medhy Aginta juga telah menelurkan buku yang berjudul Blogging for Money.

Yaitu sebuah Panduan Jitu Untuk Mengoptimalkan dan Mendapatkan Penghasilan Dari Blog Anda yang telah dijual bebas dan bisa didapatkan di toko-toko buku.

CosaAranda.Com

Dengan tag line Belajar Bisnis Internet Untuk Pemula, blog Cosa Aranda (cosaaranda.com) memiliki Pagerank 3 dan Alexa Rank #963.448.

Blog ini menjadi salah satu rujukan bagi Anda yang ingin aktif di dunia bisnis internet atau internet marketing yang menyajikan artikel secara berimbang.

Cosa Aranda dikenal sebagai blogger, pembuat produk digital, pengelola situs berbasis keanggotaan, serta pemilik layanan bisnis internet.

Follow twitter @arandacosa untuk mengikuti aktivitasnya sehari-hari.

Gusadit.Com

Gus Adit, begitulah sapaan Ida Bagus Aditya, seorang pria kelahiran Bali, tepatnya di Amlapura.

Amlapura berada di ujung timur Pulau Bali, tempat dimana Ida Bagus Aditya sehari-hari mengelola dan menjadi penulis blog GusAdit.Com.

Menamatkan kuliahnya di jurusan S1 Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Udayana (UNUD) pada tahun 2007, GusAdit mengawali perjalanan ngeblog-nya di GusAdit.com pada tahun 2009, serta dua blog yang lainnya.

Blog ini dibuat untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya di dunia internet selama ini, termasuk membahas tentang teknologi terkini, dunia gadget, tips dan trik nge-blog, artikel SEO, serta tutorial WordPress.

Hingga artikel ini dibuat, Blog GusAdit.com telah berusia 5 tahun dengan capaian PageRank 3 dan Alexa Rank #520.561.

Untuk dapat berkomunikasi dengan Gus Adit, Anda dapat follow di twiternya @bligusadit.

Isnaini.Com

Isnaini.Com merupakan blog yang dikelola langsung oleh Ahmad Isnaini. Blog dengan title Seorang Blogger Yang Sedang Belajar Menjadi Petani, hingga artikel ini dibuat memiliki PageRank 4 dan ranking Alexa #2.070.115.

Isnaini lahir di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, dan saat ini berdomisili di Yogyakarta sejak tahun 1996 untuk menuntut ilmu di Akademi Komunikasi.

Menurut catatan yang ada di blognya, sejak tahun 2006 hingga 2012, Ahmad Isnaini terlibat sebagai pembicara di berbagai seminar, training ataupun workshop.

Untuk dapat berkomunikasi dengan Isnaini bisa melalui twitternya di @isnaini.

Kesimpulan

Catatan yang dapat diberikan dari kelima blog berbahasa Indonesia berpagerank 1 keatas yang dibahas dalam artikel ini yaitu, usia blog ternyata tidak menjamin PageRank.

PageRank pun tidak dipengaruhi oleh Alexa Rank dan SEO Score yang tinggi, artinya tidak selalu berbanding lurus.

blog metric PR 1

Begitupun halnya dengan jumlah Backward Links. Ternyata tidak selalu backward links yang rendah akan rendah pula PageRank-nya.

Jadi mungkin kesimpulannya, lakukan semua aktifitas blogging secara natural saja, mengalir saja, hasilnya akan bagaimana serahkan kepada search engine yang akan melakukan kalkulasi dan akumulasi.

Terpenting adalah ikhtiar dengan selalu memposting artikel yang berguna bagi banyak pengguna internet dan rajin blogwalking dengan memberikan komentar yang positif.

Begitu menurut saya, bagaimana menurut Anda?[cr]

Be Sociable, Share!

4 thoughts on “5 Blog Indonesia Berpagerank 1 Keatas Yang Wajib Anda Ketahui”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.