Tools

Layaknya membangun sebuah rumah, yang sederhana sekalipun, tentunya dibutuhkan beragam material hingga pada akhirnya menjadi sebuah bangunan rumah. Pun begitu halnya dengan membangun blog.

Untuk membangun rumah kita butuh material, sedangkan untuk membangun sebuah blog kita sebut material sebagai tools.

Berikut ini adalah daftar tools yang saya gunakan untuk membangun chotools by phoenixrising.mereed.com. Saya tidak menjamin, semua yang tertera dibawah ini tidak akan mengalami perubahan. Yang dapat saya pastikan, jika ada perubahan terhadap tools yang saya gunakan, maka saya akan menginformasikannya melalui halaman ini.

Mengapa saya tidak bisa menjamin?

Sederhana sebenarnya, suatu ketika Anda bosan dengan tampilan rumah Anda, Anda bosan dengan warna cat rumah Anda, lalu Anda mengubah tampilan rumah Anda, mungkin saja dengan mengganti warna catnya. Begitupun halnya dengan blog, jika Anda bosan dengan tampilan blog, Anda tinggal mengganti themes-nya sesuka Anda, termasuk mengatur warnanya.

Lalu, jika untuk alasan keamanan, rumah Anda dipasangi banyak kunci dan pengaman, namun Anda merasa kesulitan atau kerepotan ketika akan masuk atau keluar rumah, maka Anda dapat menggantinya dengan kunci otomatis berbasis access card, pin, atau finger key.

Di blog pun demikian, terkadang beraneka plugin dipasang, dengan harapan plugin tersebut dapat berjalan sesuai harapan awal. Namun, pada kenyataannya, terkadang dan bahkan sering kali justru plugin tersebut malah menghambat kinerja blog.

 

Hosting

Hosting dapat kita anggap sebagai tanah pada saat kita membangun rumah. Tidak ada tanah, maka tidak akan ada pondasi, apalagi bangunan rumah.

Dalam membangun blog ini saya menggunakan hosting lokal dari Niagahoster. So far, pelayanan Niagahoster cukup memuaskan saya. Dengan beragam fitur dan kelebihan yang ada, saya tidak terpikir untuk pindah hosting.

Mungkin bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan hosting milik Niagahoster Anda dapat mengklik link ini lebih lanjut.

 

Platform

Blog ini menggunakan platform WordPress versi 4.1.2. WordPress dikenal akan kemudahan dan fleksibilitas-nya yang tinggi, bahkan untuk user yang awam sekalipun. Platform dalam membangun blog diibaratkan sebagai pondasi rumah. Maka tentunya, sebagai pondasi rumah, platform harus ada, dan akan jauh lebih baik jika pondasi rumah tersebut sudah disiapkan sedari awal untuk dapat dibangun 2 atau 3 lantai.

 

Theme

Theme atau tema yang digunakan di blog ini menggunakan theme keluaran MH Themes, yakni MH Magazine. MH Themes merupakan salah satu produsen theme premium wordpress. Theme MH Magazine ini telah dirancang dan cocok bagi para blogger, jurnalis, editor, ahli SEO. Tersemat banyak fitur serta pilihan untuk membuat majalah online yang efisien dalam beberapa menit. Theme ini pun support terhadap aneka ragam gadget.

 

Plugins

Saya menggunakan hampir sekitar 20 plugin untuk blog ini. Sebagian adalah plugin yang memang kerap digunakan blogger dan sudah terbukti keandalan fungsinya. Sebagian lainnya masih perlu dibuktikan keandalan fungsinya.

 

Akismet

Plugin wajib para blogger. Akismet digunakan oleh jutaan blogger. Akismet merupakan plugin terbaik yang melindungi blog Anda dari komentar spam, bahkan meski Anda tidak menjaganya dalam 24 jam. Versi Akismet pada blog ini adalah versi 3.1.1.

 

All In One SEO Pack

Plugin buatan Michael Torbert ini merupakan salah satu yang terandal dalam hal SEO (Search Engine Optimization) blog. All In One SEO Pack yang saya gunakan di blog ini adalah versi 2.2.6.1. Banyak blogger sukses yang merekomendasikan untuk menggunakan plugin ini.

 

Auto Post Thumbnail

Plugin keren yang menghasilkan post thumbnail secara otomatis dari gambar pertama yang ada di dalam postingan, hanya jika fitur thumbnail-nya tidak diatur secara manual. Plugin versi 3.3.3 buatan Aditya Mooley dan Tarique Sani ini secara kebetulan sesuai dengan kebutuhan saya.

 

Broken Link Checker

Plugin ini juga merupakan salah satu plugin yang keren. Plugin ini akan menginformasikan si empunya blog via dashboard jika terdapat link yang rusak atau gambar yang hilang. Plugin buatan Janis Elsts yang digunakan di blog ini adalah versi 1.10.5.

 

Contact Form 7

Plugin ini saya gunakan pada halaman contact. Plugin versi 4.1.1 buatan Takayuki Miyoshi ini terlihat simple namun fleksibel.

 

Google Analytics Dashboard For WP

Plugin buatan Alin Marcu versi 4.6 ini memiliki fungsi untuk menampilkan laporan Google Analytics dan statistik real-time pada dashboard blog Anda, dan secara otomatis akan memasukkan kode pelacakan di setiap halaman situs blog Anda.

 

Google XML Sitemaps

Plugin versi 4.0.8 buatan Arne Brachhold ini akan membuat sitemap XML khusus yang akan membantu mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan Ask.com untuk menghasilkan indeks yang lebih baik bagi blog Anda.

 

Hello Dolly

Plugin ini bukan semata-mata hanya sebagai sebuah plugin. Plugin buatan Matt Mullenweg versi 1.6 ini melambangkan harapan dan antusiasme seluruh generasi, yang direpresentasikan ke dalam dua kata dan dinyanyikan oleh penyanyi populer di jagad raya ini, yaitu Louis Armstrong, dengan judul lagu Hello Dolly. Ketika Anda mengaktifkan plugin ini maka secara acak Anda akan disuguhkan lirik dari lagu Hello Dolly tersebut yang akan tampak di kanan atas layar admin Anda di setiap halaman.

 

NextGEN Gallery by Photocrati

Plugin ini adalah salah satu plugin yang paling populer sepanjang masa, dan tercatat telah digunakan lebih dari 12 juta download. Plugin buatan Photocrati Media ini adalah versi 2.0.79.

 

Pinterest Verify

Plugin yang memudahkan tugas Anda dalam melakukan verifikasi blog Anda dengan Pinterest, yaitu dengan memasukkan meta tag pada halaman depan, dan tidak memerlukan coding. Plugin buatan Phil Derksen yang saya gunakan di blog ini adalah versi 1.0.3.

 

Quick Cache

Plugin buatan s2Member dan WebSharks, Inc., versi 150129.3 ini adalah plugin WordPress cache (kas) yang canggih, kecepatannya terbukti tanpa kompromi.

 

Quote of The Day – Site2Quotes

Plugin yang menampilkan secara random kata-kata bijak beragam tema yang dapat Anda konfigurasi sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. Plugin versi 1.0 buatan Site2Quotes ini cukup baik untuk dijadikan sebagai pemanis blog Anda, terlebih kata-kata yang dimunculkan dapat membangkitkan semangat Anda dalam aktifitas blogging.

 

Sociable

Plugin ini akan menambahkan secara otomatis link di postingan Anda, halaman dan RSS feed ke situs bookmark atau media sosial favorit Anda, seperti Twitter, Facebook, Google+ dan seterusnya. Plugin buatan Blogplay yang digunakan di blog ini adalah versi 4.3.4.1.

 

Velvet Blues Update URLs

Plugin jenius buatan VelvetBlues versi 3.2.3 ini amat sangat membantu, khususnya bagi Anda yang mengalami kondisi yang sama dengan saya, yakni bermigrasi domain dan hosting sehingga secara otomatis akan berubah semua link url yang ada di blog lama Anda. Dengan bantuan plugin ini, Anda tidak perlu repot-repot mengganti url satu persatu.

 

WordPress Importer

Plugin buatan WordPressDotOrg versi 0.6.1 ini berguna untuk mengimpor postingan, halaman, komentar, field yang di kustom, kategori, tag dan lainnya dari file WordPress yang di ekspor. Bagi saya, plugin ini berguna saat saya memindahkan seluruh konten blog lama saya yang saya pindahkan ke blog ini.

 

WordPress Popular Posts

Plugin ini sangat berguna untuk mengetahui postingan artikel yang populer di blog Anda. Plugin buatan Hector Cabrera versi 3.2.1 akan senantiasa begitu adanya di blog ini.

 

WP-Archives

Plugin ini adalah salah satu plugin yang layak Anda gunakan di blog Anda. Plugin buatan Jim Penaloza Calixto versi 0.8 ini seperti daftar isi yang akan menampilkan arsip seluruh postingan artikel yang terdapat pada blog Anda, dan diurutkan berdasarkan tahun, bulan, dan tanggal, berikut judul postingan.

 

WP-Optimize

Plugin ini akan membantu Anda dalam menjaga database Anda tetap bersih yakni dengan membuang revisi postingan maupun spam. Plugin buatan Ruhani Rabin versi 1.8.9.10, memungkinkan Anda untuk menjalankan perintah optimalisasi, pada perangkat tabel konfigurasi, tentunya dibutuhkan pemahaman tersendiri untuk dapat merasakan manfaat yang lebih.

 

WPtouch Mobile Plugin

Plugin buatan BraveNewCode Inc versi 3.7.5.3 ini akan membuat blog Anda bersahabat dengan sentuhan aneka macam gadget.

 

Yet Another Related Posts Plugin

Plugin ini akan membuat postingan artikel yang berkaitan dengan postingan artikel lainnya di blog Anda berdasarkan algoritma yang telah disusun. Tentunya jika Anda menggunakan YARPP Pro maka Anda akan dapat mengakses akses ke fitur lainnya yang jauh lebih optimal dibanding versi yang biasa. Plugin buatan Adknowledge versi  4.2.4 cukup baik jika digunakan di blog Anda.

 

Penutup

Demikianlah perangkat atau tools yang saya gunakan dalam membangun blog ini. Seperti saya sampaikan diawal, bahwa saya tidak menjamin, terutama plugin-plugin tersebut diatas tetap saya gunakan. Bisa jadi ada beberapa plugin yang akan saya remove jika saya merasa plugin tersebut kurang berjalan optimal.

Harapan saya, apa yang saya kemukakan diatas dapat memberikan gambaran bagi Anda yang baru memulai nge-blog. Sehingga Anda sudah tahu, kira-kira bangunan rumah seperti apa yang akan Anda bangun? Selamat nge-blog.[cr]

 

Image Source: phoenixrising.me

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.