Stadion Patriot Bekasi Menjadi Stadion Patriot Candrabhaga

stadion patriot candrabhaga kota bekasi

Kira-kira setahun berselang, akhirnya terjawab sudah salah satu postingan pada blog ini yang berjudul Memilih Nama Yang Pas Untuk Stadion Bekasi. Tepatnya pada tanggal 5 Maret 2016, yang dirangkai dengan agenda Apel Akbar Integritas Aparatur Pemerintah Kota Bekasi menyambut Hari Jadi Kota Bekasi ke-19, Walikota Bekasi Rahmat Effendi meresmikan nama baru Stadion Patriot Kota Bekasi. Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar turut hadir dalam kesempatan tersebut

Sebagaimana telah diulas dalam artikel sebelumnya, ada beberapa nama yang diperbincangkan, mulai dari nama Stadion Patriot, Stadion Bhagasasi, Stadion Tarumanegara, atau Stadion Purnawarman. Nama yang kemudian dipilih adalah Stadion Patriot Candrabhaga.

Baca juga: Memilih Nama Yang Pas Untuk Stadion Bekasi

 

Makna Patriot Candrabhaga

stadion patriot candrabhaga kota bekasiKata Patriot sendiri melambangkan makna pecinta atau pembela tanah air. Sedangkan kata Candrabhaga secara filosofis merupakan awal mula penyebutan Bekasi. Hal tersebut sebagaimana penelusuran Poerbatjaraka, seorang ahli bahasa Sansakerta dan bahasa Jawa Kuno.

Menurutnya, kata Candrabhaga, bermula dari dua kata, kata pertama yaitu Candra yang berarti bulan (atau “sasi” dalam bahasa Jawa Kuno), dan kata kedua yaitu Bhaga yang berarti “bagian”. Sehingga jika digabungkan Candrabhaga memiliki makna “bagian dari bulan”.

Seiring berjalannya waktu, pelafalan kata Candrabhaga kadang berubah menjadi Sasibhaga atau Bhagasasi, yang dalam pengucapannya sering disingkat Bhagasi. Adanya pengaruh bahasa Belanda, kata Bhagasi sering ditulis Bacassie, hal tersebut dibuktikan dengan pernah ditemukannya plang nama Bacassie di Stasiun Lemah Abang. Pada akhirnya, kata Bacassie kemudian melekat menjadi Bekasi dan digunakan hingga sekarang. Jika disimpulkan, maka Candrabhaga sama dengan Bekasi.

Dan jika digabungkan, Patriot Candrabhaga mengandung makna pembela tanah Bekasi. Sehingga harapan ke depan, tentunya Stadion Patriot Candrabhaga merupakan Stadion yang diisi oleh atlet-atlet sepak bola pembela tanah Bekasi.

 

Stadion Megah

Stadion Patriot Candrabhaga di sinyalir menjadi salah satu stadion megah di Indonesia, dan bisa dibilang setelah pembangunannya rampung 100% nanti, meski bukan stadion terbesar di Indonesia, paling tidak akan menjadi stadion baru di Indonesia dan sekaligus sebagai salah satu stadion terbaik di Indonesia.

Stadion yang merupakan markas tim Persipasi Bekasi, dan pernah melahirkan pemain-pemain yang berkiprah di kancah tim nasional macam Warta Kusuma, Maman Suryaman, Nur Alim alias Jabrik, dan terakhir Firmansyah. Kesemuanya bermain di timnas pada angkatan yang berbeda, dan masing-masing diandalkan pada zamannya.

Stadion yang konstruksinya dibangun oleh PT Prambanan Dwipaka itu, saat ini sudah masuk tahap finishing, terutama penyelesaian tribun Utara dan tribun Selatan, serta fasilitas parkir yang juga akan segera rampung.

Di tribun Barat maupun Timur saat ini telah dipasang tempat duduk orang per orang, dari yang sebelumnya hanya berbanjar.

Baca juga: CM 16 Hadir Atasi Kerinduan Penggemar Game Championship Manager

 

Ajang Pekan Olah Raga Nasional

persija lawan persipasi bekasiMeski belum rampung 100%, namun stadion kebanggaan pendukung Persipasi Bekasi, khususnya yang tergabung dalam kelompok suporter seperti Soebex Mania dan Patriot Mania itu sudah dilirik Pemprov Jabar untuk gelaran PON XIX dimana Propinsi Jawa Barat bertindak selaku tuan rumah yang berlangsung sekitar bulan September 2016 mendatang.

Stadion Patriot Candrabhaga sebelumnya telah dijajal oleh tim Persija kontra Persipasi Kota Bekasi dalam sebuah pertandingan eksibishi pada tanggal 15 Maret 2014 yang dimenangkan oleh Persija dengan skor 2-0. Sorak sorai dan gegap gempita suporter tamu kala itu dengan lagu Persija membahana di stadion berkapasitas kurang lebih 35 ribu penonton.

Besar kemungkinan Stadion Patriot Candrabhaga dilirik untuk gelaran cabang olah raga sepak bola dalam ajang PON tersebut. Tentunya, gelaran PON mendatang diharapkan dapat menjadi sebuah momentum untuk lahirnya tim sepak bola yang diandalkan dan menjadi kebanggaan bagi warga Kota Bekasi sebagai Kota Patriot.[cr]

 

Sumber gambar: bolaone.co

 

Be Sociable, Share!

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.