Plugin Simple Yearly Archive Terbaik Untuk Arsip Blog

plugin simple yearly archive

Arsip blog bagi seorang blogger tentu sangat membantu sekali dalam mengontrol dan mengetahui berapa jumlah postingan artikel yang ada di blognya.

Dengan mengetahui hal tersebut, maka seorang blogger dapat memacu semangatnya untuk lebih produktif dalam membuat artikel.

Buat saya, arsip blog yang biasanya disiapkan melalui sebuah halaman atau page, menjadi alat kontrol saya untuk terus menulis di blog. Mengelola empat blog dengan topik yang berbeda tentu cukup merepotkan, apalagi jika mengelola lebih dari itu.

Bayangkan, tanpa alat bantu arsip blog, tentu kita akan kesulitan mengelola blog apalagi jika jumlahnya lebih dari empat.

Baca juga: Cara Mudah Download dan Convert Lagu Dari Youtube

“Dari tadi bicaranya arsip blog terus? Apa sih arsip blog itu?”, gumam Anda yang baru mendengar arsip blog.

Jadi, arsip blog itu menurut saya adalah sebuah alat atau tools untuk mengumpulkan atau menyusun artikel-artikel yang pernah di posting di suatu blog, yang dapat diurut berdasarkan tanggal, bulan dan tahun posting, yang berupa plugin. 

Bicara arsip blog, saya termasuk yang sudah gonta-ganti plugin arsip blog, sampai yang terakhir ini saya merasa plugin ini adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan saya.

Plugin Simple Yearly Archive

Ya, nama plugin tersebut adalah Simple Yearly Archive. Plugin tersebut dikembangkan oleh seorang developer Open-Source berkebangsaan Jerman bernama Oliver Schlobe. Schlobe menyukai TYPO3, WordPress, Android, Chrome, dan lain-lainnya.

Meski berkebangsaan Jerman, Schlobe juga fasih berbahasa Inggris, sedikit berbicara Bahasa Perancis dan Finlandia.

Baca juga:  Cara Memperoleh Backlink Berkualitas di Blog 

Sampai dengan artikel ini diposting, Schlobe tercatat sudah berhasil mengembangkan 7 plugin, yaitu Admin Management Xtended Plugin, Better Plugin Compatibility Control, Changelogger Plugin, Goolytics Plugin, Reveal IDs Plugin, Simple Yearly Archive Plugin, WP-Forum Latest Posts Plugin.

Nah, bagi Anda yang selalu menyiapkan menu Arsip pada blognya, sudah selayaknya mencoba plugin yang satu ini.

Cara Instal Plugin Simple Yearly Archive

Cara menginstalnya pun sangatlah mudah, panduan yang ada dalam link plugin pun tersedia. Anda bisa mencoba memahaminya secara langsung melalui menu-menu yang ada dalam plugin tersebut.

Saat menginstal plugin ini dibutuhkan WordPress versi 3.7 atau lebih, dan berikut ini cara menginstal plugin yang sudah dirilis hingga versi 2.1.1 tersebut.

  • Masuk ke Dashboard blog Anda.
  • Jika sudah berada di Dashboard, pilih menu Plugins Add New.
  • Pada kotak isian keyword, silahkan Anda ketik Simple Yearly Archive, lalu akan tampil sebagaimana yang Anda ketikkan.
  • Berikutnya, Anda klik Install Now.
  • Setelah Anda klik Install Now, maka berlanjut ke proses Installing.

Baca juga: Cara Membuat Internal Link Dengan YARPP

  • Langkah berikutnya setelah plugin terinstal, Anda diminta untuk mengaktifkan plugin tersebut, caranya klik tombol Activate.
  • Jika sudah, Anda masuk ke menu Pages -> Add New, lalu Ketik Arsip, lalu copy paste shortcode berikut “SimpleYearlyArchive” di page Arsip yang baru Anda buat tadi dan Anda tutup dengan mengklik Update.
  • Selanjutnya, Anda buka menu Plugins -> Installed Plugins -> Simple Yearly Plugin -> Settings dan selanjutnya Anda perlu mengatur tentang Date Format, Separator between date and post title, Link years, Show post count for each year, dan Show comment count for each post, masing-masing diberi tanda centang. Jika sudah klik update options.
  • Berikutnya, Anda buka Appearance -> Menu, lalu centang Arsip dan Anda klik Add to Menu, agar menu Arsip tampil di menu header blog Anda.
  • Untuk menyempurnakan, Anda masih harus melakukan satu langkah lagi, yaitu masih menu Appearance, lalu menuju ke Menu Structure. Disini Anda mengatur menu Arsip pada menu, bukan sub menu .
  • Terakhir, apa yang sudah Anda lakukan, hasilnya tampak seperti pada gambar dibawah ini.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Youtube Di Android

Dengan menginstal plugin Simple Yearly Archive maka kini di blog Anda telah bertambah satu menu, yaitu menu arsip, yang berfungsi untuk menata tampilan arsip yang ada pada blog Anda.

Anda pun menjadi terbantu untuk memonitor sudah berapa banyak artikel yang Anda buat melalui satu pemintas tanpa bersusah payah membuka satu persatu postingan yang ada pada blog Anda.

Pun jika Anda memiliki kebutuhan untuk menyisipkan artikel-artikel lawas ke dalam artikel atau postingan yang baru, Anda hanya perlu membuka menu Arsip dan meng-copy paste link-nya. Selamat mencoba.[cr]

Sumber: Simple Yearly Archive

Be Sociable, Share!