Memilih Nama Yang Pas Untuk Stadion Bekasi

stadion patriot bekasi

Saat ini sedang mengemuka perdebatan untuk penamaan stadion yang berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani Kota Bekasi.

Stadion yang menjadi home base Persipasi Kota Bekasi itu, saat ini (masih) bernama Stadion Patriot Bekasi.

stadion patriot bekasi dari gedung 10 lantaiStadion yang dibangun dengan dana mencapai kurang lebih Rp 400 milyar tersebut, saat ini sudah menyelesaikan dua tribun, yaitu tribun Barat dan Timur, termasuk didalamnya pondasi utama dan rumput lapangan.

Rencananya, tribun di sisi Utara dan Selatan akan dilanjutkan pembangunannya tahun 2015 ini hingga ke penyediaan area parkir.

Ide Penggantian Nama Stadion Patriot

Munculnya ide penggantian nama Stadion Patriot menjadi beberapa alternatif seperti yang saat ini disuarakan.

Tentunya dimaksudkan untuk menggelorakan spirit (Kota) Bekasi ke-era zaman perjuangan, atau bahkan nun jauh sebelum era perjuangan.

Agar spirit tersebut dapat menjadi pelecut semangat atlet-atlet Kota Bekasi, khususnya tim sepak bola Persipasi Kota Bekasi untuk selalu menorehkan prestasi.

Sekedar untuk diketahui dan saat ini memang sedang mengemuka, terdapat beberapa alternatif penamaan stadion tersebut.

Apakah tetap bernama Stadion Patriot, Stadion Bhagasasi, Stadion Tarumanagara, ataukah Stadion Purnawarman.

Makna Kata Nominasi Nama Stadion

Pemilihan nama-nama tersebut jelas bukan tanpa arti atau makna yang melekat didalamnya. Mari simak penjelasan dibalik makna nama yang akan digunakan untuk stadion kebanggaan masyarakat Bekasi ini.

Stadion Patriot

stadion patriot bekasi beforeJika memilih untuk tetap menggunakan nama stadion yang sekarang yaitu Stadion Patriot, maka menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata Patriot memiliki makna pecinta atau pembela tanah air.

Dapat diartikan bahwa makna nama Stadion Patriot diharapkan dapat menular dan membuat atlet-atlet Bekasi berjuang di medan laga pertandingan dengan gigih sekuat tenaga.

Layaknya para punggawa kerajaan yang ketika itu berjuang di medan pertempuran dengan mengorbankan jiwa raga untuk meraih kemenangan.

Stadion Bhagasasi

Jika memilih untuk menggunakan nama Stadion Bhagasasi, menurut penelusuran Poerbatjaraka, yakni seorang ahli bahasa Sansakerta dan bahasa Jawa Kuno.

Makna kata “Bekasi” secara filolofis berasal dari kata Candrabhaga. Candra berarti bulan (“sasi dalam bahasa Jawa Kuno) dan Bhaga berarti bagian.

Jadi Candrabhaga berarti bagian dari bulan. Pelafalan kata Candrabhaga kadang berubah menjadi Sasibhaga atau Bhagasasi.

Dalam pengucapannya sering disingkat Bhagasi, dan karena pengaruh bahasa Belanda sering ditulis Bacassie (di Stasiun KA Lemah Abang pernah ditemukan plang nama Bacassie).

Kata Bacassie kemudian berubah menjadi Bekasi sampai dengan sekarang.

Pemilihan nama Stadion Bhagasasi tentunya lebih ditujukan ke asal muasal munculnya nama Bekasi yang ada saat ini.

Stadion Tarumanagara

stadion patriot bekasi saat iniLalu, jika memilih untuk menggunakan nama Stadion Tarumanagara, penjelasannya sebagai berikut, Candrabhaga merupakan bagian dari Kerajaan Tarumanagara, yang berdiri sejak abad ke 5 Masehi.

Ada 7 (tujuh) prasasti yang menyebutkan adanya kerajaan Tarumanagara yang dipimpin oleh Maharaja Purnawarman, yakni Prasasti Tugu (Cilincing, Jakarta), Prasasti Ciareteun, Prasasti Muara Cianteun.

Lalu ada Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Jambu, Prasasti Pasir Awi (ke enam prasasti ini ada di Daerah Bogor), dan satu prasasti di daerah Bandung Selatan (Prasasti Cidangiang).

Diduga, Bekasi merupakan salah satu pusat Kerajaan Tarumanagara (menurut Prasasti Tugu, yang berbunyi : “..dahulu kali yang bernama Kali Candrabhaga digali oleh Maharaja Yang Mulia Purnawarman, yang mengalir hingga ke laut, bahkan kali ini mengalir di sekeliling istana kerajaan”).

Pemilihan nama Stadion Tarumanagara, tentunya diharapkan bahwa kemegahan Kerajaan Tarumanagara akan berbanding lurus dengan kemegahan Stadion Tarumanagara termasuk capaian prestasinya.

Stadion Purnawarman

stadion patriot bekasi saat ini 02Sedangkan jika memilih nama Stadion Purnawarman, itu diambil dari nama Raja Tarumanagara.

Seperti disebutkan dalam prasasti tersebut, Yang Mulia Sang Purnawarman digambarkan sangat mulia dan bijaksana.

Beliau telah memerintahkan kepada panji-panjinya untuk menggali kali yang indah dan berair jernih, yang kemudian selesai hanya dalam waktu 21 hari saja.

Keberadaan kali tersebut bertujuan untuk mengairi sawah dan menghindarkan dari bencana banjir yang kerap melanda wilayah Kerajaan Tarumanagara.

Pemilihan nama Stadion Purnawarman dapat diilustrasikan berawal dari kehebatan dan kedigjayaan sang Raja Purnawarman dalam memimpin Tarumanagara.

Kelak, hal itu diharapkan dapat menjadi inspirasi khususnya bagi atlet-atlet Bekasi untuk dapat menorehkan namanya dengan raihan prestasi yang akan dikenang sepanjang masa.

Jadi Pilih Yang Mana?

Demikian ulasan singkat pemilihan nominasi nama pengganti untuk Stadion Patriot Bekasi.

Nah, Anda sendiri memilih ide nama yang mana? Tetap bernama Stadion Patriot, Stadion Bhagasasi, Stadion Tarumanagara, ataukah Stadion Purnawarman.[cr]

Be Sociable, Share!

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.