Kamus

Halaman ini dibuat sebagai rujukan atau referensi bagi para pengunjung blog ini mengenai istilah-istilah yang umum digunakan dalam dunia blogging. Istilah-istilah yang ada di blog ini akan terus di update secara terus menerus.

Berikut ini istilah-istilah yang digunakan dalam dunia blogging.

————————————————————————————————————————————

AddOn Domain, adalah salah satu fitur layanan yang ada pada paket web hosting, dimaksudkan sebagai fitur yang mengijinkan pemilik blog, situs, atau website untuk menambah domain yang baru setelah domain yang terakhir, di dalam satu hosting yang sama.

Afiliasi, merupakan suatu cara mengembangkan bisnis dengan cara memanfaatkan sosialisasi yang secara terarah dilakukan oleh individu dan badan usaha, dan kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan seperti yang sudah disepakati bersama.

Blogwalking adalah sebuah aktifitas mengunjungi blog yang tujuannya untuk mendapatkan komentar dan pengunjung balik dari sebuah blog yang kita kunjungi dan komentari. Blogwalking menjadi salah satu cara untuk mempromosikan blog kita kepada blogger lainnya.

Keyword, atau kata kunci, adalah kata atau beberapa kata yang digunakan dalam sebuah blog, situs, atau website agar dapat ditemukan. Keyword digunakan oleh pengunjung (visitor) yang melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu yang diinginkan, kemudian oleh Search Engine, keyword tersebut dicocokan ke blog, situs, atau website yang mempunyai keyword yang relevan dengan yang dicari oleh pengunjung tadi.

Monetisasi, adalah sebuah proses mengerucutkan topik dengan tujuan untuk mendapatkan earn money.

Niche Blog, topik atau tema dari sebuah blog yang membahas suatu masalah secara lebih spesifik dengan tujuan untuk menyasar sebuah pasar tertentu.

Parked Domain, adalah sebuah kegiatan membeli domain, bisa jadi banyak domain, lalu domain tersebut tidak dilanjutkan dengan membuat blog, situs, atau website, melainkan dibiarkan saja tersimpan dalam sebua hosting dengan harapan suatu saat domain tersebut akan dapat dijual dengan harga tinggi. Umumnya penggiat parked domain dapat diidentikkan dengan kegiatan yang dilakukan oleh spekulan.

Plugin, atau plug-in (colok-masuk) adalah sebuah program atau aplikasi yang mendukung fungsi dari program atau aplikasi utama, semisal dalam platform blog WordPress, plugin adalah tools yang dapat mengisi kekosongan dari sebuah theme (tema), sehingga sebuah blog yang terdiri dari platform blog sebagai engine utama dan plugin dapat bersinergi dan berjalan secara optimal.

Site Redirect, adalah sebuah tools yang memiliki fungsi untuk pengalihan url dari domain blog yang lama ke domain blog yang baru, sebagai contoh jika seorang blogger mengganti domain blognya lalu blog lamanya tidak diaktifkan lagi, dan ketika ada pengunjung datang ke blog yang lama, namun karena blog yang lama sudah ditutup, maka secara otomatis dialihkan ke domain blog yang baru, sehingga dengan demikian pengunjung tidak tersesat.

Traffic, yaitu sebuah data statistik aliran kunjungan ke suatu blog, situs, atau website. Dengan trafik yang tinggi, maka sebuah blog, situs, atau website memiliki posisi tawar yang tinggi untuk mendapatkan uang dari internet.

Unlimited Domain, atau sama juga dengan AddOn Domain, adalah salah satu fitur layanan yang ada pada paket web hosting, dimaksudkan sebagai fitur yang mengijinkan pemilik blog, situs, atau website untuk menambah domain yang baru setelah domain yang terakhir, di dalam satu hosting yang sama.

————————————————————————————————————————————

Terakhir, saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Anda yang telah memberikan koreksi jika ada hal atau istilah yang kurang pas atau kurang tepat untuk segera dilakukan perbaikan, atau jika ada istilah-istilah yang belum dimaksukkan dalam kamus blogging ini, yaitu dengan mengusulkannya via kolom komentar atau via email yang terdapat pada halaman Contact.

Terjemahan istilah diatas dirangkum dari berbagai sumber serta dikompilasi dengan pemahaman saya hingga detik ini melakukan kegiatan blogging.

 

Semoga bermanfaat!

 

Be Sociable, Share!

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.