Google Analytics Dashboard Anda Bermasalah? Ini Cara Mengatasinya

kode error 400

Pernahkah Anda mengalami masalah seperti dalam screenshot diatas? Google Analytics Dashboard WordPress yang telah Anda instal dan selama ini berjalan baik, yang membantu memudahkan Anda dalam menyajikan informasi singkat mengenai jumlah trafik harian ke blog Anda, tiba-tiba blank dan Anda tidak mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Jika Anda mengalaminya, maka berarti kita senasib. Sama-sama pernah mengalami masalah dengan alat bantu berupa info trafik untuk dashboard blog.

Namun tidak perlu khawatir, karena saya telah menemukan solusinya. Yuk, mari simak penjelasan saya berikut ini.

Screenshot dibawah ini menerangkan tentang tidak tersedianya laporan trafik ke blog ini akibat adanya error dengan kode error (400).

Baca juga: Cara Memperbaiki Kode Server Error 500

kode error 400

Munculnya error tersebut disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi atau penggunaan yang tidak tepat.

Alasan yang umumnya ditemukan akibat error tersebut diantaranya adalah parameter yang tidak valid, akses atau koneksi yang buruk ke server, serta kode yang sudah kadaluarsa sehingga perlu diperbaharui (update).

Sedikit mengulas tentang plugin Google Analytics Dashboard untuk WordPress ini yaitu merupakan salah satu plugin unggulan dan gratis yang dapat memberikan laporan Google Analytics sebuah blog melalui dashboard.

Plugin ini menyajikan sebuah laporan tentang kondisi blog, dan dalam penggunaannya pun sangat mudah dipahami. Kemudahan tersebut berkat widget yang simpel namun dapat menyajikan laporan ringkas dan padat.

Informasi mengenai jumlah sessions, users, organic, page views, bounce rate, location, pages, refferer, searches, traffic, dan technology, yang dapat dilihat berdasarkan skala waktu, mulai dari yang real-time, hari ini, kemarin, 7 hari yang lalu, 14 hari yang lalu, 30 hari yang lalu, 90 hari yang lalu, 1 tahun yang lalu, maupun 3 tahun yang lalu, menjadi deretan menu yang tersedia yang dapat Anda pilih.

Baca juga: 5 Kunci Menghasilkan Bounce Rate Blog Yang Ideal

Itulah mengapa, plugin ini layak ada dalam dashboard blog Anda, selain tentunya Anda tidak perlu login melalui domain google.com sebagai si empunya Google Analytics, karena ketika Anda login ke blog Anda, secara otomatis pada dashboard Anda telah tersedia Google Analytics Dashboard.

Nah, sekarang langsung saja ke pokok materi, yaitu bagaimana cara memperbaiki plugin Google Analytics yang error ini.

Pertama, Anda klik menu Plugins lalu sorot dan klik pada sub menu Installed Plugins.

plugin google analytics

Berikutnya, setelah masuk ke sub menu Installed Plugins akan tampil deretan plugin-plugin yang telah Anda instal pada blog Anda, kemudian Anda cari plugin Google Analytics Dashboard for WP, lalu Anda klik pada menu Settings.

google analytics dashboard

Dalam plugin tersebut, terdapat Plugin Authorization, disini Anda klik tombol Clear Authorization, untuk mengosongkan kode yang sebelumnya pernah Anda masukkan.

clear authorization google analytics

Langkah berikutnya, jika Plugin Authorization telah dikosongkan, Anda klik tombol Authorize Plugin untuk mengembalikan atau meminta kembali kode yang pernah Anda masukkan.

authorize plugin google analytics

Jika Anda pernah menyimpan kode-nya, maka Anda tinggal memasukkan ke dalam kolom Acces Code, namun jika Anda lupa dimana menyimpannya, Anda dapat memanggilnya dengan mengklik link Get Access Code.

get access code google analytics

Jika sudah muncul, maka Anda tinggal meng-copy paste kode tersebut ke kolom Acces Code.

copy paste code google analytics

Jika sudah dipindahkan, maka berikutnya Anda tinggal meng-klik tombol Save Access Code.

save access code google analytics

Jika kode-nya diterima maka akan muncul seperti tampak pada screenshot dibawah ini, yaitu Plugin Authorization Succeeded.

plugin authorization succeeded google analytics

Dengan Plugin Authorization Succeeded, maka berarti Google Analytics Dahsboard WordPress telah kembali normal, dan dapat memberikan informasi kembali ke blog Anda, seperti tampak pada screenshot dibawah ini

google analytics dashboard for wp

Baca juga: Cara Mengukur Seberapa Menariknya Blog Anda

Demikian, postingan tentang Cara Mengatasi Google Analytics Dashboard WordPress yang error dalam menampilkan data atau informasi pada dashboard blog. Semoga bermanfaat.[cr]

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.