Cek Loading Time Blog Dengan Google PageSpeed Insight

loading time

Tak dapat dipungkiri, salah satu indikasi blog yang berkualitas yaitu menyangkut kecepatan waktu loading-nya. Semakin cepat loading time-nya, maka pengunjung pun tidak akan segan-segan menuntaskan kunjungannya, karena pengunjung akan mendapati apa yang diinginkannya dengan cepat.

Begitupun sebaliknya, jika sebuah blog lambat menyajikan apa yang dikehendaki oleh pengunjung-nya, maka blog tersebut akan ditinggal begitu saja, entah dengan meng-klik tombol back pada browser, atau bahkan close browser alias browser langsung ditutup tanpa peduli dengan tujuan awalnya.

Yang disayangkan tentunya ketika pengunjung tersebut baru sebatas calon pengunjung, dimana Dia telah mendapati blog Anda pada salah satu page Google, yang itu artinya adalah blog Anda berpotensi untuk dikunjungi oleh si calon pengunjung tadi.

Dan ketika kemudian Dia menjatuhkan pilihan pada link menuju ke blog Anda, namun karena loading time blog Anda, katakanlah lama, atau masih jauh dari optimal, maka Dia pun langsung pergi begitu saja meninggalkan blog Anda.

Tentu ini adalah hal yang tidak dikehendaki oleh Anda, termasuk saya maupun blogger lain. Untuk apa sudah berhasil membuat artikel yang bagus sesuai kaidah-kaidah yang dijabarkan dalam Ebook berkualitas namun masih tidak dapat menarik pengunjung. Sebabnya ya itu tadi, loading time blog yang masih jauh dari optimal. Membuka satu halaman saja berat, apalagi berhalaman-halaman.

Anda sudah merasakan kendala itu, dan telah mengidentifikasi masalahnya. Apa yang mesti Anda lakukan. Tidak lain dan tidak bukan, sepertinya masalahnya ada pada template atau themes yang digunakan. Apalagi jika template tersebut Anda tambahkan dengan memasang fitur-fitur  yang justru memperberat kinerja loading time blog.

Tetapi, tidak adil juga rasanya, jika template lantas dijadikan sebagai kambing hitam tanpa pernah tahu masalah yang sebenarnya. Untuk mengetahui seberapa cepat loading time sebuah blog, Google telah menyiapkan sebuah tools yang dapat digunakan untuk mengecek nilai dari loading time sebuah blog yaitu menggunakan tools Google PageSpeed Insight.

Baca juga: Cara Mengukur Seberapa Menariknya Blog Anda

 

Apakah Google PageSpeed Insight Itu?

Google PageSpeed Insight adalah tools atau alat untuk mengukur kinerja halaman dari sebuah blog yang diakses melalui perangkat mobile (smartphone) dan perangkat desktop (PC, laptop). Hasil pengukurannya berupa skoring, mulai dari 0 sampai dengan 100.

Semakin tinggi skor-nya maka semakin baik kinerja sebuah blog. Skor 85 ke atas mengindikasikan baiknya kinerja halaman sebuah blog. Namun skor 85 bukanlah nilai mutlak, karena PageSpeed Insight masih akan terus dikembangkan, dan suatu saat skor itupun akan mengalami perubahan ketika ada ketentuan-ketentuan atau aturan-aturan baru.

Baca juga: Cara Mudah Perbaiki Link Internal Dengan Velvet Blues Update URLs

 

Cara Menggunakan Google PageSpeed Insights

  1. Pada browser, Anda ketikkan alamat berikut : https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ lalu enter. Akan muncul page seperti tampak pada screenshot berikut ini.

pagespeed insight 01

 

  1. Setelah berada di dalam PageSpeed Insights, silahkan Anda ketikkan alamat blog Anda.

pagespeed insight 02

 

  1. Screenshot berikut menampilkan proses analisa terhadap blog yang alamatnya sudah Anda ketikkan pada kolom browser.

pagespeed insight 03

 

  1. Proses analisa pun selesai, hasilnya tampak pada screenshot dibawah ini. Untuk loading time versi Mobile nilainya 65 dari maksimum 100.

pagespeed insight 04

 

  1. Masih di versi Mobile, mendapat nilai 100 dari skala 100 untuk pengalaman pengunjung.

pagespeed insight 05

 

  1. Sedangkan untuk versi Desktop, seperti tampak pada screenshot dibawah ini, mendapat nilai 78 dari skala 100.

pagespeed insight 06

 

Nah, mudah bukan cara menggunakan Google PageSpeed Insight? Tidak hanya mudah, namun jelas sangat bermanfaat, karena dengan begitu Anda jadi tahu kualitas loading time blog Anda seperti apa. Apa saja kekurangan-kekurangan yang ada pada blog Anda dan apa yang harus diperbaiki, semua terpapar melalui tools yang satu ini.[cr]

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.