Cara Mengaktifkan dan Menyetel Akismet

login dashboard akismet

Sebagaimana telah diulas dalam postingan sebelumnya yang membahas tentang salah satu plugin WordPress bernama Akismet, yaitu sebuah plugin yang wajib ada dalam pengelolaan blog berplatform blog WordPress, menyangkut apa itu Akismet, dan fungsi Akismet dalam pengelolaan blog itu seperti apa.

Nah, pada postingan kali ini akan diulas tentang Cara Mengaktifkan dan Menyetel Akismet sehingga sebuah blog akan dapat berjalan secara optimal.

Postingan kali ini dibagi ke dalam dua sub judul, yang pertama Cara Mengaktifkan Plugin Akismet, yang kedua, Cara Menyetel Akismet.

Baca juga: Akismet, Plugin Anti Spam Yang Wajib Ada

Cara Mengaktifkan Plugin Akismet

Untuk mengaktifkan plugin Akismet, sebenarnya langkahnya sangat mudah sekali, yaitu seperti berikut ini.

1.  Login ke dashboard blog Anda dengan mengisi username dan password, jika sudah klik tombol Log In.

login dashboard akismet

2.  Jika sudah login, maka Anda cari menu ”Plugin” dan “Installed Plugin”. Nanti akan Anda temukan deretan plugin yang sudah terinstal di blog Anda, salah satunya yaitu plugin Akismet. Pada plugin Akismet tersebut klik “Activate”. Dengan mengklik Activate, berarti Anda sudah mengaktifkan plugin Akismet.

activate akismet

Namun, itu baru sebatas mengaktifkan plugin Akismet saja, belum mengaktifkan akun Akismetnya, atau dalam kata lain Akismet belum berfungsi dengan semestinya.

Lalu bagaimana caranya memfungsikan Akismet dengan semestinya? Silahkan baca sub judul Cara Menyetel Akismet berikut ini.

Cara Menyetel Akismet

Setelah plugin Akismet diaktifkan, maka berikutnya Anda perlu sedikit menyetel Akismet. Langkahnya juga cukup mudah. Yang diperlukan, Anda diminta untuk mendaftar Akismet untuk mendapatkan API key.

Berikut ini cara mendaftar untuk mendapatkan API key, lalu kemudian Anda diminta untuk memindahkan API key ke dalam kotak isian yang tersedia. Silahkan ikuti langkah demi langkahnya berikut ini.

1.  Setelah Anda melakukan langkah nomor dua pada Cara Mengaktifkan Plugin Akismet diatas, selanjutnya Anda akan dibawa masuk ke dalam tampilan seperti dibawah ini. Disini Anda diminta untuk mengaktifkan akun Akismet milik Anda, yaitu dengan mengklik “Activate your Akismet account”.

proses akismet hampir selesai

2.  Jika sudah melakukan langkah nomor satu diatas, berikutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini, yaitu Activate Akismet dengan cara login atau membuat akun Akismet untuk mendapatkan API Key. Klik “Get your API key”.

get your akismet api key

3.  Pada gambar berikuti ini, Anda klik “Get an Akismet API key”.

get an akismet api key

4.  Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut ini. Untuk mendapatkan Akismet API key, ada 3 langkah sederhana yang harus Anda lalui, yang pertama Anda diminta untuk sign up, lalu yang kedua activate dan terakhir relax.

3 simple steps for akismet

Mengapa relax? Karena setelah Anda menyetel Akismet dengan baik, maka Akismet akan langsung bekerja secara otomatis menangkal setiap komentar spam yang masuk ke blog Anda, meski Anda tidak menyaringnya sendiri. Asyik bukan?

5.  Untuk itu, Anda akan diminta mengisi kolom isian E-mail Address, Username, dan Password lalu klik “Sign up”, atau Anda bisa mengabaikan hal tersebut dan langsung klik “Sign Up” jika Anda sudah memiliki akun WordPress.com. Tersedia pula pilihan bahasa jika Anda ingin beralih ke Bahasa Indonesia.

sign up akismet

6.  Selanjutnya setelah Anda melakukan sign up, Anda akan disuguhkan 4 penawaran, yang terdiri dari Basic, Plus, Backup, dan Enterprise. Pilih saja yang “Basic” agar tidak perlu membayar dengan mengklik tombol “Sign Up”.

akismet pricing

Namun jika Anda ingin memilih salah satu dari ketiga yang lainnya juga tentu akan lebih baik, karena dengan berbayar maka Anda akan mendapatkan fitur yang tidak Anda dapatkan ketika Anda memilih opsi Basic.

7.  Setelah Anda memilih salah satu dari 4 opsi diatas, berikutnya Anda diminta untuk mengisi first name dan last name, serta akan muncul juga opsi yang Anda pilih pada langkah sebelumnya, disini saya mengambil contoh opsi Akismet Basic. Jika sudah, Anda klik tombol “Continue”.

plan details of akismet

8.  Dengan mengklik tombol Continue diatas, maka API key sudah Anda dapatkan yang harus Anda masukan pada kolom Manually enter an API key yang terdapat pada tampilan pada langkah nomor dua Cara Menyetel Akismet.

new akismet api key

9.  Anda copy new API key diatas, lalu kemudian Anda paste ke kotak Manually enter an API key, selanjutnya Anda klik tombol “Use this key”.

manually enter akismet api key

10.  Dengan mengklik tombol “Use this key”, berarti selesai sudah tugas Anda menyetel Akismet pada blog Anda yang ditandai dengan “Your Akismet account has been succesfully set up and activated, Happy Blogging!”, selanjutnya Anda tinggal mengklik tombol “Save Changes”.

success akismet setting

Penutup

Keseluruhan langkah tersebut diatas merupakan rangkaian langkah yang berkelanjutan, dan jika Anda sudah melakukan langkah kesepuluh diatas, itu artinya Akismet telah dengan sempurna terinstal pada blog Anda, dan blog Anda pun akan aman dari komentar-komentar yang tidak berguna alias komentar spam.

Dengan demikian, tidak hanya Anda, pengunjung blog Anda pun akan merasa nyaman ketika berkunjung, karena tidak menemukan komentar-komentar tidak berguna dan menyebalkan.

Nah, untuk mendapatkan plugin akismet ini, silahkan download melalui link ini.

Happy Blogging![cr]

Be Sociable, Share!