Cara Menonaktifkan Youtube Di Android

logo youtube

Artikel ini ditujukan untuk Anda yang memiliki smartphone berbasis sistem operasi Android. Artikel ini berlatar belakang pengalaman pribadi, khususnya pengalaman terhadap anak kedua saya yang saat ini berusia 2 tahun 3 bulan. Saya rasa Anda pun pernah mengalami seperti yang saya alami.

Baik, langsung saja, kita semua mahfum jika anak sudah menghendaki sesuatu maka kita akan berupaya meluluskan permintaannya, apapun itu, terlebih di usianya yang masih balita. Nah, apapun itu, tentu bisa apa saja, mungkin salah satunya termasuk keinginan anak untuk menonton film kartun kesukaannya via Youtube, seperti Thomas and Friends (anak saya menyebutnya Thomas Tutut, karena film tersebut mempersonifikasikan train atau kereta).

logo youtubeYoutube. Sudah tahu dong apa itu Youtube? Gampangnya, Youtube saat ini merupakan media yang dipakai secara bersama-sama oleh seluruh pengguna internet di dunia ini untuk mengunggah video, baik film dokumenter, peristiwa alam, kejadian, tutorial yang di video kan, maupun rekaman tayangan televisi.

Untuk sebagian orang, Youtube selain digunakan sebagai media seperti yang disebutkan diatas, juga media yang digunakan untuk mencari publisitas, dan bahkan secara sengaja bisa juga dibuat untuk mendatangkan potensi income dari dunia internet.

Dari mana potensi income yang bisa dihasilkan melalui Youtube, akan saya bahas di postingan lain. Tunggu saja.

Namun, dibalik itu semua, terkadang ada hal-hal yang luput dari pengamatan kita, terutama saat anak-anak sedang mengakses film kesukaannya via Youtube. Dengan mekanisme kerja yang dimiliki Youtube dengan menarik file-file video secara acak dan menampilkannya dalam sebuah daftar, terkadang dalam daftar yang ditampilkannya tersebut, terpampang video yang tidak selayaknya untuk anak usia dibawah 17 tahun, apalagi untuk usia balita.

Saya paham, itu tinggal bagaimana kita mensetting Youtube itu sendiri. Namun saya juga sekaligus memiliki keyakinan bahwa akan tetap ada peluang lolosnya video yang tidak sesuai peruntukkannya.

Itu baru satu alasan mengapa terpikir perlu untuk memblok Youtube atau menonaktifkan Youtube dari Android saya, meskipun seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa ada banyak hal-hal baik dalam penggunaan Youtube. Namun untuk saat ini, artikel ini saya hadirkan untuk dua alasan yang pernah saya alami.

Nah, alasan kedua yaitu, file-file video dikenal paling rakus bandwith. Maka jangan heran, ketika anak saya mendapati smartphone saya teronggok mengganggur di atas meja, anak saya akan segera menghampirinya, dan memanfaatkannya dengan mencari icon Youtube, untuk memutar film kesayangannya.

Efeknya yaitu saya menjadi semakin sering bilang, “Papa minta pulsa”, atau “Ma, kirim Papa pulsa dong”, alias paket internet yang baru beberapa hari diisi, tidak terasa dibantu habiskan oleh anak kedua saya tersebut.

Akhirnya, saya berada pada kesimpulan bagaimana cara menonaktifkan Youtube dari gagdet saya sesegera mungkin untuk dua alasan tersebut diatas. Nah, mengulang pernyataan saya di awal, kira-kira apakah juga Anda mengalami hal yang seperti saya alami? Silahkan Anda jawab sendiri.

Baik, berikut ini adalah cara-cara yang saya lakukan untuk menonaktifkan Youtube yang ada di smartphone saya. Untuk lebih memudahkan penjelasan, saya tampilkan gambar sebagai panduan untuk memudahkan Anda memahami cara saya memblok Youtube.

Dalam gambar dibawah ini, icon atau logo Youtube masih ada di dalam windows. Icon Youtube itu yang nantinya akan dinonaktifkan.

cara blok youtube 1

 

Pertama, cari icon atau logo Settings. Dalam gambar dibawah, icon Settings ditandai dan diberi tanda panah. Icon tersebut Anda klik.

cara blok youtube 2

 

Jika sudah, arahkan Tab ke kanan hingga muncul gambar seperti dibawah ini. Klik icon Application manager yang sudah ditandai dengan tanda panah.

cara blok youtube 3

 

Jika icon Application manager sudah di klik, lalu geser window ke arah kanan pada Tab ALL. Kemudian scroll ke bawah hingga Anda temukan icon Youtube seperti tampak pada gambar dibawah ini.

cara blok youtube 4

 

Jika sudah, akan muncul gambar seperti dibawah ini, lalu Anda klik Turn off untuk menonaktifkan atau mematikan fungsi Youtube, untuk sementara waktu.

cara blok youtube 5

 

Jika sudah di Turn off, maka icon Youtube tidak akan muncul di windows, dan itu artinya dua alasan tersebut diatas sudah terjawab melalui langkah-langkah yang dijelaskan dari awal diatas.

cara blok youtube 6

 

Nah, untuk mengaktifkan kembali Youtube suatu saat, langkahnya sama dengan yang dilakukan dari awal tadi, dan ketika sudah berada pada tampilan seperti gambar dibawah ini, yang Anda lakukan adalah mengklik Turn on.

cara blok 7

 

Demikian cara menonaktifkan sekaligus mengaktifkan Youtube dari smartphone Anda. Semoga berguna, dan menjadi jawaban atas keresahan Anda selama ini.[cr]

 

Sumber logo: Youtube.com

Be Sociable, Share!

5 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.