Cara Memperbaiki Link Yang Rusak Dengan Broken Link Checker

plugin broken link checker

Pernahkah Anda mengalami hal ketika berkunjung ke suatu web atau blog, Anda mendapati adanya link pada blog tersebut yang ketika di klik tidak menampilkan apa yang semestinya ditampilkan, dan kemudian Anda simpulkan bahwa link tersebut error alias rusak.

Bagi Anda yang pernah atau akan bermigrasi dari satu domain ke domain yang lain yang tentunya Anda akan melakukan proses pemindahan data blog, sangat dimungkinkan data pada blog Anda tersebut akan mengalami corrupt  atau paling tidak perubahan susunan data dalam blog yang baru dipindah, yang kemudian menyebabkan terjadinya link error.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebuah plugin dari WordPress bisa Anda manfaatkan. Plugin tersebut adalah Broken Link Checker yaitu sebuah plugin buatan Janis Elsts, yang hingga postingan ini dibuat telah di download sebanyak 3.191.107 kali. Plugin ini juga kompatibel dengan WordPress versi 4.2.2, dan theme yang digunakan pada blog ini.

Dua sub judul berikut akan memberikan gambaran yang harus Anda lakukan ketika Anda mengalami kondisi seperti yang telah diulas diatas.

 

Cara Memasang Plugin Broken Link Checker

Untuk dapat menggunakan plugin ini, hal yang harus Anda lakukan adalah memastikan plugin terinstal dengan sempurna, sehingga plugin dapat bekerja secara optimal. Urutan langkah untuk memasang plugin broken link checker pada blog Anda, dapat Anda  sesuai langkah-langkah berikut ini.

  1. Login ke dashboard blog Anda.
  1. Setelah di dalam dashboard, Anda ke menu plugin, lalu ketikkan “broken link checker” pada kolom search Add Plugins.

plugin broken link checker

  1. Jika plugin Broken Link Checker sudah Anda temukan, berikutnya Anda klik tombol “Install Now”.

plugin broken link checker download

  1. Lalu, muncul konfirmasi, “Apakah Anda yakin akan menginstal plugin ini?”, klik saja tombol OK, karena memang Anda akan menginstal plugin broken link checker. Jika sudah mengklik tombol OK, maka plugin akan secara otomatis terinstal namun didahului dengan proses unpacking the package. Plugin yang masih berupa paket zip itu memerlukan proses ekstraksi terlebih dahulu, tidak usah khawatir karena itu semua dikerjakan oleh sistem secara otomatis.

plugin broken link checker install

  1. Berikutnya, jika proses unpacking the package dan proses instalasi telah selesai dijalankan oleh sistem secara otomatis, Anda tinggal mengklik “Activate Plugin” untuk mengaktifkan plugin broken link checker tersebut.

Dengan mengaktifkan plugin tersebut, berarti plugin telah siap bekerja untuk memperbaiki link-link yang error. Lalu bagaimana cara memperbaiki link yang rusak, lebih jelas digambarkan melalui screen shot yang ada pada sub judul berikut ini.

 

Cara Kerja Broken Link Checker

Beberapa tampilan screenshot dibawah ini menjelaskan kondisi terjadinya error yang disebabkan oleh link yang rusak yang ditandai dengan message beragam seperti, “Server Not Found”, “Connection Failed”, “404 Not Found”, “500 Internal Server Error”.

Terhadap kondisi demikian, Anda dapat memperbaiki link tersebut secara manual, atau bisa juga diserahkan ke plugin untuk mengeceknya secara otomatis.

Screenshot dibawah ini menggambarkan untuk setiap link yang error tersedia opsi yang terdiri dari Edit URL, Unlink, Not Broken, Dismiss (Dapan Anda lihat pada baris kelima).

perbaikan link error

Screenshot dibawah ini menggambarkan proses Edit URL terhadap salah satu link yang error. Plugin akan memberikan suggestions yang bisa Anda pilih sebagai bahan untuk perbaikan link. Jika suggestions yang ada sudah Anda pilih, selanjutnya Anda klik tombol Update.

perbaikan link error 2

Sedangkan screenshot berikut menggambarkan link error yang sudah maupun yang sedang diperbaiki. Untuk yang sudah diperbaiki dan link kembali normal ditandai dengan “200 OK”.

perbaikan broken link checker

Setelah semua link diperbaiki dan hasilnya tidak ditemukan link yang error, maka itu artinya blog sudah tidak bermasalah lagi, sebagaimana terlihat dalam screenshot dibawah ini. Untuk mengoptimalkan kinerja plugin ini Anda dapat mengutak-atik settingnya sesuai selera Anda, yang dapat Anda lakukan melalui opsi yang ada pada Broken Link Checker Options melalui menu-menu General, Look For Links In, Which Links To Check, Protocol & APIs, Advanced.

Untuk menuju Broken Link Checker Options, pada dashboard Anda klik plugins >> broken link checker >> settings.

perbaikan link error broken checker

Penutup

Demikain posting tentang plugin Broken Link Checker yang digunakan untuk perbaikan link yang error pada blog Anda. Kelebihan dan kemudahannya tentu saja Anda tidak perlu repot mencari link yang error satu persatu, melainkan plugin secara otomatis akan menginformasikannya kepada Anda.

Selanjutnya, Anda memperbaiki link yang error dengan cara mengikuti langkah atau gambaran yang dijelaskan pada screenshot diatas.[cr]

 

Be Sociable, Share!

5 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.