Cara Membuat Thumbnail Secara Otomatis Untuk Postingan

membuat autopost thumbnail langkah 0

Blog berbayar choreed.com dibangun dengan pondasi awal dari blog choreed.wordpress.com, yaitu blog gratisan yang telah menemani saya ngeblog sejak tahun 2010 saat awal saya belajar bikin blog dan menulis artikel rasa gado-gado. Segala macam topik saya tulis dan kemudian saya posting.

Baca juga: Hidayah Datang, Blog Berbayar Siap Menantang

 

Di blog berbayar saya (choreed.com) yang baru ini, saya memilih menggunakan themes dari MH Themes. Dari sisi tampilan, themes tersebut memiliki perbedaan dengan themes pada saat saya masih menggunakan blog gratisan (choreed.wordpress.com).

Jika Anda menggunakan themes MH Themes maka pada halaman home setiap artikel yang Anda posting akan membutuhkan sebuah file image untuk kemudian menjadi thumbnail. Dari sisi engine themes MH Themes, fitur auto thumbnail tidak didukung, sehingga secara default engine akan menampilkan no image.

choreed com auto post thumbnail 0

Hal tersebut merupakan sebuah kendala bagi saya yang sudah terlanjur jatuh hati dan memilih MH Themes sebagai wajah dan sekaligus engine untuk blog saya.

Ditambah karena blog ini berpondasi dari blog gratisan yang saya migrasi, yang pada setiap postingnya memiliki image artikel. Tentu akan menyita waktu jika semua artikel lawas tersebut secara manual satu persatu saya harus pilih image dan kemudian saya setting untuk dijadikan sebagai thumbnail.

Baca juga: Cara Membuat Internal Link Dengan YARPP

 

Auto Post Thumbnail

Tidak mau buang-buang waktu dengan hal tersebut dan tidak mau tampilan thumbnail pada postingan blog saya apa adanya seperti bawaan (default) dari MH Themes maka saya berinisiatif mencari plugin yang dapat mengatasi masalah saya tersebut.

Dari kolom search pada halaman plugin saya ketikkan “auto post thumbnail”, lalu muncullah beragam plugin yang menurut wordpress dapat membantu masalah saya ini. Plugin tersebut seperti terlihat pada gambar berikut, diantaranya ada Recent Post Thumbnail Slider Widget, Advanced Settings, WordPress Auto Featured Image, serta tentu saja Auto Post Thumbnail.

choreed com auto post thumbnail 1

Plugin Auto Post Thumbnail menjadi prioritas pertama yang saya pilih sesuai dengan niat awal, meski menurut wordpress melalui informasi yang ditampilkan, disebutkan bahwa plugin Auto Post Thumbnail belum teruji oleh versi WordPress yang saya gunakan.

Namun, meski belum teruji saya tetap memilih menggunakan plugin tersebut karena menurut informasi yang tersedia pula, plugin auto post thumbnail telah di download sebanyak 319.924 kali. Artinya, dengan jumlah sebanyak itu plugin ini layak untuk di-install meski belum teruji.

Baca juga: Cara Membuat Arsip Blog Yang Praktis Dan Mudah

 

Instalasi Plugin Auto Post Thumbnail

Cara melakukan instalasi plugin Auto Post Thumbnail sangatlah mudah, tinggal sekali klik tombol Install Now, maka proses instalasi akan berjalan secara otomatis. Pada saat artikel ini dibuat, versi plugin auto post thumbnail yang diinstalasi di blog ini adalah versi 3.3.3.

choreed com auto post thumbnail 2

Proses setelah tombol Install Now di klik, secara otomatis sistem akan mengunduh (download) paket plugin auto post thumbnail, dan kemudian paket yang berupa zip tersebut di ekstrak (unpacking), dan lalu melakukan proses auto install.

Jika sudah terdapat proses seperti gambar dibawah ini menandakan bahwa proses intalasi sudah selesai dilakukan dengan sempurna.

choreed com auto post thumbnail 3

Baca juga: 5 Cara Mudah Mendapatkan Ide Menulis Untuk Blog

 

Generate Post Thumbnail

Setelah proses instalasi selesai, berikutnya sistem akan men-generate seluruh artikel yang di dalamnya terdapat image atau gambar untuk kemudian dijadikan sebagai thumbnail.

choreed com auto post thumbnail 4

Proses generate itu sendiri pada akhirnya dapat merampungkan 104 image yang terdapat pada seluruh postingan artikel untuk dijadikan thumbnail.

choreed com auto post thumbnail 5

Mudah dan simpel bukan? Bagi Anda yang memiliki kondisi yang sama dengan saya, tentunya plugin ini dapat meringankan tugas Anda. Terbayang akan seperti apa jika jumlah postingan yang Anda miliki sudah ratusan atau bahkan ribuan artikel, dan sistem meminta Anda untuk memilih satu image dari setiap artikel untuk dijadikan sebagai thumbnail.[cr]

 

Be Sociable, Share!

13 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.