Cara Membuat Internal Link Dengan YARPP

internal link plugin

Salah satu kekuatan sebuah blog terletak pada seberapa banyak dan seberapa saling berkaitan antara artikel yang satu dengan artikel yang lainnya. Kekuatan tersebut jelas memiliki dampak bagi perkembangan sebuah blog.

Jika dalam membangun blog, Anda bertujuan untuk bisa menghasilkan sesuatu, misalnya saja dalam jangka panjang bisa mendapatkan income, maka Anda harus tahu hal-hal apa yang harus dilakukan, termasuk menggali apa manfaat dari kekuatan sebuah blog.

Secara linear, kekuatan sebuah blog akan menghasilkan posisi tawar yang berdampak positif bagi blog tersebut. Katakanlah, salah satu kekuatan itu adalah mengenai trafik blog. Dengan trafik blog yang tinggi, maka hal itu dapat dibarter oleh para pemasang iklan, sehingga menjadi sebuah pemasukan bagi pemilik blog. Dijamin Anda menginginkan hal itu bukan?

Kekuatan lainnya dari sebuah blog yaitu relasi artikel atau dikenal dengan istilah internal link. Untuk menghasilkan kekuatan dalam blog Anda dari sisi relasi artikel, maka sudah sepatutnya blog Anda ditunjang oleh plugin yang tepat, salah satunya adalah YARPP.

Baca juga: Kisah Sukses Herman Yudiono Meraup Ratusan Juta Rupiah Dari Internet

 

Apa Itu YARPP?

Apakah Anda familiar dengan istilah YARPP? Jika belum, simak artikel ini hingga selesai.

YARPP atau Yet Another Related Posts Plugin adalah sebuah plugin yang dapat dengan mudah Anda instal dalam blog Anda, dimana plugin ini akan bertugas menarik kata kunci yang terdapat pada artikel-artikel yang ada pada blog Anda, untuk kemudian menampilkan link-nya berdasarkan kata kunci yang sama pada sebuah halaman yang dikehendaki oleh pengunjung blog Anda.

Dengan tersedianya link-link menuju ke artikel yang lain dalam blog Anda, maka pengunjung blog Anda akan terpancing untuk membuka artikel-artikel lainnya. Akan sangat lebih baik jika artikel tersebut dimulai dengan judul yang menarik.

Sampai sini apakah sudah jelas tentang definisi YARPP? Semoga sudah ya?

Baca juga: 3 Cara Ampuh Mempertahankan Pengunjung Blog Anda

 

Manfaat YARPP

Apakah manfaat penggunaan YARPP? Sebagaimana telah disinggung di awal artikel ini, salah satu manfaat dari penggunaan plugin YARPP adalah mendekatkan sebuah artikel dengan beragam kata kunci dari setiap artikel yang ada pada sebuah blog.

Didukung dengan artikel yang berkualitas, maka fungsi plugin Yet Another Related Posts Plugin akan membuat pengunjung blog Anda seperti tidak pernah bisa menemukan jalan keluar dari blog Anda, dalam arti kata, pengunjung blog Anda tertahan oleh biusan artikel yang Anda buat. Di sisi lain, blog Anda akan berpotensi memiliki bounce rate yang ideal. Bounce reate yang ideal melambangkan berkualitasnya sebuah blog.

Penjelasan tentang Apa Itu Bounce Rate, dapat Anda simak pada link artikel berikut ini.

Baca juga: Cara Memperbaiki Kode Server Error 500

 

Cara Instal YARPP

Cara menginstalnya? Sangat mudah sekali. Hal pertama yang dilakukan, pada dashboard blog Anda cari menu Plugins, lalu klik tombol Add New. Jika sudah, pada kolom Search Plugins isikan dengan “related post”.

Mengapa related post? Jawabannya, ya karena ingin mencari plugin yang memiliki fitur menyediakan link menuju artikel-artikel lainnya.

internal link plugin

 

Berikutnya, akan tampil plugin dimaksud, seperti tampak pada screenshot dibawah ini.

internal link plugin 1

 

Jika sudah tampil plugin yang diinginkan, klik tombol Instal Now untuk memulai proses instalasi.

internal link plugin 2

 

Setelah proses instalasi selesai, maka Anda tinggal mengaktifkan plugin-nya saja, dengan mengklik tombol Activate Plugin.

internal link plugin 3

Baca juga: Cara Mengaktifkan dan Menyetel Akismet

 

Cara Menggunakan YARPP

Setelah plugin YARPP diaktifkan, maka berikutnya adalah cara menggunakan YARPP tersebut. Pada menu YARPP Basic terdapat sub menu The Pool dimana Anda dapat memilih kategori dan tag yang tidak Anda kehendaki untuk ditampilkan dalam relasi artikel. By default, opsi ini tidak ada yang dipilih dan dibiarkan tanpa ada yang dicentang sehingga relasi artikel ditampilkan seluruhnya tanpa ada pembatasan.

internal link plugin 4

 

Pada screenshot dibawah, Anda dapat memilah keterkaitan artikel-artikel yang ada di blog Anda, apakah berdasarkan judul, kategori, ataupun tag.

internal link plugin 5

 

Anda juga dapat memilih bentuk tampilan dari relasi artikel untuk blog Anda, apakah berbentuk list atau thumbnail.

internal link plugin 6

 

Sama seperti tampak pada screenshot diatas, Anda juga dapat memilih bentuk tampilan dari relasi artikel untuk RSS, apakah berbentuk List atau Thumbnail.

internal link plugin 7

 

Jika proses setting selesai dilakukan, terakhir Anda tinggal meng-klik Save Changes untuk memastikan semua yang telah di setting tersimpan.

internal link plugin 8

Baca juga: Belajar Mengenal SEO Untuk Pemula

 

Demikian, cara membuat internal link dengan bantuan plugin Yet Another Related Posts Plugin. Dengan begitu, blog Anda berpotensi memiliki kualitas yang baik di mata mesin pencari, karena keterkaitan artikel merupakan salah satu teknik dalam mengoptimasi sebuah blog secara Search Engine Optimization (SEO).

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.[cr]

 

Be Sociable, Share!

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.