Cara Membuat Arsip Blog Yang Praktis Dan Mudah

arsip blog

Saya jamin, Anda pasti sudah pernah mengunjungi perpustakaan. Apa yang Anda lihat di perpustakaan? Saya garansi, jawaban Anda pasti sama dengan saya.

Di perpustakaan Anda pasti akan melihat tumpukan buku yang tersusun rapih, yang dibagi ke dalam beberapa tema buku dan kemudian diurut bisa berdasarkan nama judul sesuai abjad, atau berdasarkan abjad nama pengarang bukunya.

Selain itu, kecenderungan lainnya, untuk perpustakaan modern sudah dilengkapi dengan fasilitas pencarian buku melalui sistem perpustakaan yang dapat di akses melalui beragam perangkat, baik stand alone seperti dekstop atau laptop, ataupun perangkat mobile, seperti gadget.

Dengan begitu Anda dapat dengan mudah mencari buku yang ada pada perpustakaan tersebut.

Atau, jika Anda sering berkunjung ke toko buku Gramedia, di salah satu sudutnya dapat Anda temukan sebuah dekstop yang didalamnya terinstal aplikasi sistem pencarian buku.

Dengan bantuan dekstop tersebut, Anda tentu akan lebih mudah melihat daftar buku yang tersedia, termasuk juga dengan jumlah stok bukunya pada saat itu.

Kesemua itu memiliki tujuan yang sama, yaitu sama-sama untuk memudahkan, baik bagi penjaga perpustakaan atau penjaga toko buku, maupun bagi para pengunjungnya, baik pengunjung perpustakaan maupun pengunjung toko buku.

Memudahkan untuk mencari buku tentunya.

Ilustrasi Manfaat Arsip Blog

Untuk tujuan yang sama, dalam memudahkan baik bagi saya maupun pengunjung blog ini, maka saya menggunakan salah satu plugin yang sangat mudah diinstal maupun di setting, yaitu plugin wp-archives.

Sebagai tambahan gambaran sebelum masuk ke dalam pokok pembahasan, mungkin dapat saya ilustrasikan apa manfaat plugin wp-archives tersebut.

Ilustrasinya begini, ketika saya berada di toko buku Gramedia dan sedang melihat salah satu buku yang judulnya menarik, maka saya pasti akan melihat daftar isinya terlebih dahulu.

Dalam daftar isi tersebut akan terlihat judul bab maupun sub babnya.

Dari situ, secara sekilas  akan terlihat apakah buku tersebut benar-benar menarik tidak hanya dari judulnya saja.

Atau hanya sebuah buku yang menarik dari sisi judulnya saja, sementara dari isinya, justru membuat saya ragu untuk membelinya.

Mudah-mudahan itu dapat memberikan gambaran tentang plugin wp-archives yang kita bahas ini.

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara membuat arsip blog yang mudah dan sederhana dilakukan, namun memiliki manfaat yang sangat berguna?

Nah, berikut ini langkah-langkah untuk membuat arsip blog sebagaimana judul postingan kali ini.

Langkah-langkah Membuat Arsip Blog

Berikut ini telah saya siapkan 9 langkah untuk mewujudkan arsip blog yang mudah dilakukan, dan hasilnya enak dilihat.

1.  Login ke dashboard Anda. Tentu Anda harus mengisi dengan username dan password yang sesuai.

login dashboard wordpress

2.  Setelah login dan berada di dashboard blog Anda, klik Plugin > Add New, lalu pada kotak search plugin, ketikkan “wp-archives”.

wp-archives 00

3.  Jika sudah maka akan muncul plugin wp-archives, sebagaimana tampilan dibawah ini. Berikutnya Anda dapat mengklik tombol “Install Now”. Sebagai informasi, plugin tersebut terakhir kali di update sekitar enam tahun lalu, dan merupakan plugin yang belum teruji dengan versi WordPress.

plugin wp-archives

4.  Atau, jika tidak langsung klik tombol “Install Now”, untuk mengetahui fitur apa saja yang ada pada plugin wp-archives ini, Anda dapat mengklik “More Details”. Informasi yang tersaji, plugin wp-archives ini memiliki fitur yang mudah diinstal, mudah digunakan, tidak membutuhkan konfigurasi tambahan.

profil plugin wp-archives

5.  Berikutnya, jika Anda sudah melihat fitur yang dimiliki plugin wp-archives, maka Anda dapat langsung  menginstal wp-archives dengan mengklik tombol “Install Now”. Gambar berikut menandakan proses instalasi sedang berjalan diawali dengan “unpacking the package”.

unpacking package of wp-archives

6.  Jika proses unpacking dan installing selesai, maka langkah selanjutnya Anda tinggal mengklik tombol “Activate Plugin”, untuk membuat plugin wp-archives menjadi aktif.

aktifkan wp-archives

7.  Setelah plugin diaktifkan, berikutnya perlu dilakukan sedikit penyetelan plugin wp-archive, yaitu denganmembuat halaman (page) Arsip. Pada kolom isian ketikkan sebagai berikut “<!–wp_archives–>” jika sudah klik tombol “Update”. Sebagai informasi, Anda dapat mengetikkannya di kolom text, bukan kolom visual.

setting wp-archives

8.  Jika sudah, maka halaman Arsip tersebut dimasukkan ke dalam menu blog Anda.

plugin wp-archives add menu

9.  Terakhir, jika semua langkah sudah dilakukan, hasilnya dapat Anda lihat seperti tampak pada gambar berikut ini. Sangat mudah bukan?

hasil wp-archives

Penutup

Demikian langkah-langkah untuk menyusun sebuah halaman arsip blog yang dapat Anda lakukan, sehingga blog Anda akan memiliki sebuah arsip yang eye catching.

Selain itu, dengan adanya arsip tersebut, Anda dan pengunjung blog Anda akan mudah melihat daftar postingan yang terdapat pada blog Anda berdasarkan tahun dan bulan.

Silahkan download plugin WP Archive 8.0.

Selamat mencoba![cr]

Be Sociable, Share!