Belajar Mengenal SEO Untuk Pemula

seo search engine optimization

seo search engine optimization

Apa Itu SEO?

Apa itu SEO? SEO atau Search Engine Optimization adalah sekumpulan cara atau teknik untuk membuat sebuah halaman yang terdapat pada situs, website, atau blog dengan kata kunci yang ditargetkan dapat berada pada halaman satu mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo.

Kemudian, sekumpulan halaman pada blog tersebut yang mampu menembus halaman pertama Google, telah membuat blog tersebut dianggap sebagai blog SEO friendly, dan tentunya akan memberikan dampak positif terhadap konten yang ada pada blog tersebut.

Khususnya untuk blogger, semua pastilah akan memperjuangkan hal ini. Akan memperjuangkan agar blog yang dikelolanya dapat berada pada halaman pertama mesin pencari untuk setiap artikel yang ada pada blognya.

Baca juga: Membangun Niche Blog Untuk Hasilkan Uang Dari Blog

 

Manfaat SEO

Manfaat penerapan SEO bagi blog diantaranya, blog akan cepat dikenal oleh banyak pengguna internet yang mengetikkan kata atau kalimat tertentu di mesin pencari, karena bisa dipastikan, pengguna internet itu dapat langsung melihat daftar blog yang ada pada halaman pertama mesin pencari berikut link-nya.

Sementara, blog yang berada di halaman kedua atau lebih, tentu akan memiliki peluang yang lebih kecil untuk dapat dilihat oleh pengguna atau pencari informasi.

Manfaat lainnya, blog yang dikenal banyak orang, akan membuat blog tersebut berpotensi memiliki trafik yang bagus. Dengan trafik yang bagus maka blog berpeluang untuk mendapatkan sumber pendapatannya sendiri, seperti melalui iklan atau AdSense.

Itulah yang menjadi alasan mengapa blogger berlomba-lomba untuk meraih halaman satu search engine. Tujuan akhirnya tentu saja, make money blogging.

 

Dasar SEO

Untuk dapat merasakan manfaat SEO, tentunya Anda harus mengetahui hal-hal mendasar tentang SEO. Seperti kata pepatah, “tak kenal maka tak sayang”, maka untuk dapat mengoptimasi halaman dengan tepat, untuk dapat menyayangi SEO, Anda haruslah mengenal SEO melalui hal-hal yang mendasar, agar penerapan SEO pada blog Anda memberikan manfaat yang diharapkan.

Dasar Search Engine Optimization terdiri dari On Page SEO dan Off Page SEO. Untuk On Page SEO, ada beberapa hal mendasar yang perlu diterapkan seperti tittle tag, meta description, uniform resources locator (URL), heading (h1, h2, h3, h4, h5, h6), link to site authority.

Sedangkan Off Page SEO adalah sebuah cara mengoptimasi suatu halaman pada blog Anda menggunakan backlink dari luar blog Anda. Backlink itu sendiri adalah link pada halaman blog Anda yang terdapat pada blog orang lain yang memiliki PageRank (PR) lebih tinggi dibanding blog Anda.

 

Cara Kerja SEO

Lalu, bagaimana cara kerja SEO, bagaimana dengan menggunakan teknik SEO dapat mengantarkan setiap halaman yang ada pada blog dapat berada pada halaman pertama mesin pencari.

Cara kerja SEO tidak terlepas dari pemilihan keyword yang tepat untuk artikel. Bantuan Google Keyword Planner sangat penting agar artikel yang dibuat dapat berpeluang untuk berada di halaman pertama mesin pencari.

Memilih keyword dengan tingkat persaingan yang rendah atau sedang akan memudahkan kerja Anda untuk mendapatkan hasil maksimal dari penerapan SEO. Menggunakan keyword planner merupakan langkah awal bahkan sebelum melakukan dasar SEO.

 

Hasil SEO

Dibawah ini merupakan beberapa contoh screenshot yang dihasilkan blog ini dengan menerapkan SEO secara sederhana. Ya sederhana, karena saya baru menerapkan dasar dan cara kerja SEO.

Screenshot berikut ini menggunakan keyword “cara kerja akismet” yang didalam postingnya diterapkan heading, hasilnya dapat dilihat tampil di ranking 4 di halaman pertama Google.

plugin akismet

Lalu, untuk screenshot berikut ini, kata kunci yang digunakan yaitu “cara kerja velvet”, juga dengan menerapkan heading, selebihnya diserahkan kepada All In One SEO Pack dengan setting otomatis. Hasilnya, blog ini berada di ranking 3 di halaman pertama Google.

velvet blues update urls plugin

Untuk menghasilkan blog yang tampil di halaman pertama Google seperti diatas, kombinasi antara penerapan pemilihan kata kunci, lalu menerapkan SEO dasar, baik SEO On Page maupun SEO Off Page adalah hal yang mesti dilakukan.

 

Jasa SEO

Urusan mengoptimasi sebuah situs, website, atau blog bukanlah hal yang sederhana apalagi jika mengoptimasi keyword dengan tingkat persaingan yang tinggi. Perlu ada riset, atau bahasa sederhananya perlu waktu untuk menguliknya, sehingga tujuan akhir tercapai.

Untuk situs-situs besar, umumnya mereka telah menyiapkan tim SEO dengan job desc yang jelas, yaitu agar membuat situsnya selalu berada di halaman pertama mesin pencari.

Sedangkan bagi banyak blogger, urusan SEO umumnya dilakukan sendiri dengan belajar dari bawah secara step by step dan lalu menerapkan SEO di blognya, meski ada pula yang menggunakan jasa ahli SEO.

Jika Anda seorang blogger yang ingin blognya cepat dikenal, selalu berada pada halaman pertama mesin pencari, dan mengejar peluang mendapatkan penghasilan, maka Anda bisa menggunakan jasa ahli SEO yang dapat dengan mudah Anda temukan di internet. Silahkan hubungi mereka, dan yang pasti ada harga yang harus dibayar.

Baca juga: Alexa Traffic Rank Naik 8,6 Juta Dalam Seminggu

 

Penutup

Postingan ini menjadi langkah awal pembahasan tentang belajar SEO untuk pemula, secara lebih mendalam mungkin akan dibahas satu persatu di postingan-postingan mendatang.

Akhirnya, selamat bertarung menuju halaman pertama mesin pencari.[cr]

 

Sumber gambar: Curamando.com

 

Be Sociable, Share!

6 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.