Bekasi, antara Persikasi (Kabupaten) dan Persipasi (Kota)

Persikasi dan Persipasi adalah sama-sama dua tim olah raga pada cabang olah raga sepak bola dari dua wilayah yang berbeda di Bekasi. Perbedaannya terletak pada, Persikasi merupakan kesebelasan kebanggaan warga Kabupaten Bekasi sedangkan Persipasi adalah kesebelasan kebanggaan warga Kota Bekasi, termasuk saya salah satunya.

Era tahun 80-an sampai dengan satu setengah dasawarsa kemudian, nama Bekasi cukup disegani di kancah persepakbolaan nasional. Sejumlah prestasi di level junior seperti Piala Yapopi dan Piala Suratin, berhasil ditorehkan oleh anak-anak Bekasi. Pada zamannya, Bekasi ย pernah melahirkan pemain-pemain timnas macam Warta Kusuma (libero), Maman Suryaman (gelandang), Nuralim (libero). Kala itu nama-nama beken tersebut lahir dari tim Persikasi (Kabupaten) Bekasi, meskipun jika dilihat dari domisilinya ketika itu, nama-nama tersebut sebenarnya saat ini berdomisili di bagian dari wilayah Kota Bekasi, tepatnya di Kotif Bekasi. Dulu, memang empat kecamatan di wilayah Kota Bekasi saat ini (Kotif Bekasi saat itu) yaitu Kecamatan Bekasi Selatan, Bekasi Timur, Bekasi Utara dan Bekasi Barat masuk ke dalam wilayah Kota Administratif (Kotif) Bekasi.

Kala itu, saya, seorang bocah yang belum genap 12 tahun, termasuk salah satu diantara pendukung setia Persikasi Bekasi setiap tampil di Stadion Bekasi. Torehan prestasi tim Persikasi saat itu diakui di level nasional. Dari zamannya, muncul pula nama-nama beken seperti Makmun Adnan (playmaker), Sudungan (sayap kiri), Edi Tarto (gelandang), Marsin Tambayong (kiper), Dudung Abdullah (gelandang), Atmadi Latif (striker). Generasi berikutnya muncul pula nama-nama seperti Nuralim โ€œJabrikโ€ (libero), M Ramdan Sutriyan (bek kiri), Tata Saptaji (kiper), Iskandar (playmaker), Recky Selfishberger (striker). Dan terakhir muncul pula nama-nama seperti Firmansyah (libero), Mardiansyah (striker) dan Nurafik (bek tengah).

Baca juga: Stadionย Patriot Bekasi Menjadi Stadion Patriot Candrabhaga

 

Lahirnya talenta-talenta muda Bekasi menghiasi wajah persepakbolaan nasional, berkat adanya kompetisi reguler divisi berjenjang di Persikasi. Sehingga nama-nama klub seperti Bekasi Putra, Irpas FC, Iretoe, dan klub-klub lainnya, saban minggu bertanding di lapangan alun-alun, lapangan multiguna, lapangan Patal Bekasi, maupun lapangan-lapangan lainnya.

Setelah pecah kongsi pemerintahan, tepatnya pada tahun 1997, dimana Kota Bekasi lahir dari rahim Kabupaten Bekasi, maka secara otomatis bakat-bakat pesepak bola handal di Kota Bekasi bernaung dibawah bendera Persipasi. Namun, seiring pecah kongsi tersebut, ironisnya prestasi kedua tim tersebut mengalami pasang surut.

Namun kini, di tahun 2010, setelah melalui serangkaian perjalanan panjang, kedua kesebelasan Bekasi itu berlaga di dua kompetisi yang berbeda. Sang kakak, Persikasi, berlaga di Divisi II Kompetisi Liga Indonesia, sedangkan sang adik, Persipasi, berlaga di Divisi Utama Kompetisi Liga Indonesia (Liga Joss). Hasilnya? Menutup musim Kompetisi Divisi II Liga Indonesia 2009/2010, Persikasi Kabupaten Bekasi mencatat prestasi yang membanggakan dengan tampil sebagai Juara Divisi II setelah memastikan kemenangan 3-0 melawan Persewangi Banyuwangi dalam pertandingan yang digelar di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan (19/1).

Lalu, bagaimana dengan nasib adiknya, Persipasi Kota Bekasi? Dalam kompetisi Liga Joss 2009/2010, Persipasi saat ini bertenggger di peringkat ke 4 klasemen sementara Grup I Divisi Utama, dengan nilai 18 hasil dari 10 kali main, 6 kali menang dan 4 kali kalah. Hasil yang terbilang cukup memuaskan ini, memancing penonton berduyun-duyun datang ke Stadion Patriot untuk memberikan dukungan. Tercatat beberapa kelompok suporter aktif mendukung Persipasi setiap laga kandang seperti Soebex Mania, Patman dan Laskar Patriot.

Satu hal yang membanggakan, prestasi yang diukir pemain-pemain Persipasi adalah mengembalikan kejayaan dan menghadirkan kembali gemuruh penonton fanatik Stadion Patriot Bekasi yang ketika itu pernah saban minggu bergemuruh saat dihuni salah satu klub galatama Kramayudha Tiga Berlian (KTB).(cr)

Be Sociable, Share!

50 comments

  • Saya dulu tahunya cuma Persikasi dengan warta kusuamh dan kawan-kawan. Kalau Persipasi saya belum pernah nonton. Sekarang agak segan nonton bola langsung kafrena sering tawuran. Btw nice info.

    • Hehe..emang, nonton bola jaman sekarang mikirnya mesti berkali-kali lipat, karena penontonnya tambah beringas dan sering tawuran, apalagi kalo bawa kendaraan, bisa-bisa dibakar tuh kalo pas lagi datang tawuran.

      Thanks udah mampir Pak Aris.

  • dhodie

    Wah saya kenal tuh Makmun Adnan, Jabrik dll.. Bahkan ada Warta Kusumah yang tidak lain tetangga RT saya hehehe.. Maju terus Persipasi!

    Nice blog, bro ๐Ÿ˜€

    • Waahh berarti tinggalnya di daerah Pintu Air donk nih!? Banyak juga tuh temen zaman maen bola dulu yang tinggal di daerah situ. Kalo saya satu kampung sama Maman Suryaman, Makmun Adnan, Jabrik, Firmansyah.

      Eniwei, thanks bro udah mampir…

  • woooooow persipasi…
    saya juga ada bang artikel tentang persipasi…
    kunjungi ya bang linknya :
    http://ubanzholic.blogspot.com/2009/12/supporter-laskar-patriot-bekasi.html

    • Manstabb…Pokoknya kita dukung PERSIPASI GO TO ISL 2010/2011. Jadikan Stadion Patriot sebagai Home Base yg nyaman untuk supporternya, biar semakin banyak yg dukung Persipasi!

      Thanks udah singgah…

  • madin

    Wah ramainya bukan main tuh kalau lagi main, soalnya dekat dengan kantor saya, semoga Persipasi bisa ke ISL dan memiliki stadion mirip sijalakharupat gitu, kenapa yakh jarang diliput sama TVone ?

    • Oo kantornya dekat stadion toh! Kabarnya sih, stadionnya mau di renov, cuma sayang aja, kalo lokasinya masih disitu, selain sempit, riskan juga karena banyak perkantoran disitu, khawatir kalo pas datang rusuh, bisa porak-poranda daerah situ, tapi ya liat aja sih.

      Trus, kalo masalah diliput TV, karena masih Divisi Utama, jadi yang diliput masih dipilih-pilih, karena prioritasnya kan untuk ISL.

  • selamat berjuang PERSIPASI jangan menyerah dan pantang mundur…banggakan kota bekasi agar tetap jaya di bidang olah raga…terima kasih kpd bp wali kota bekasi bp M TWO..tlh membagangkan kota bekasi ttp maju………by SOEBEX MANIA BEKASI

    • Sip…terima kasih atas dukungannya untuk tim Laskar Patriot Persipasi Kota Bekasi. Terpenting, apa pun nama kelompok supporternya, semua bersatu saling menjaga kekompakan, anti kerusuhan antar sesama kelompok supporter Persipasi maupun dgn kelompok supporter tim lawan. Saya sendiri sih netral aja, tetapi cukup menikmati dan mengacungkan jempol atas aksi para supporter dalam mendukung Persipasi.

      Kita doakan, Persipasi Go To ISL musim depan, diiringi dgn pemugaran stadion yang membanggakan, serta supporter yg setia dan anti rusuh.

      Terakhir…terima kasih udah mampir! ๐Ÿ™‚

  • Dulu saya suka sepakbola Indonesia. Baik yang perserikatan maupun club profesional (dulu GALATAMA). Sekarang males, soalnya pemainnya 45% orang asing. Yang ngegolin juga mereka-mereka. Udah gitu pemain lokalnya juga bukan asli putra daerah tersebut. Gak ada greget nya.

    Salam

    • Waduh, 45% !? Ternyata banyak juga ya Pak! Sepertinya, hal yang sama juga melanda persepakbolaan di eropa, mungkin karena sudah jamannya perdagangan bebas kali ya? Sehingga terkadang pemain asli jadi terpinggirkan. Terlepas dari itu semua, kalo saya mah, tetap berharap dan mendukung maju persepakbolaan negeri ini. Abis, kalo bukan kita, siapa lagi dong Pak!? ๐Ÿ™‚

      Btw, blog-nya keren Pak, sueejuukk bgt, sesejuk penawarannya! Kalo gak salah, saya pernah juga tuh lihat penawaran seperti ini di wisatahati.com.

      Terima kasih Pak, sudah berkunjung!

  • awal suryadi

    pengen liat makmun adnan jd pelatih persipasi

    • Hal tersebut mungkin saja terjadi, tinggal tunggu kesempatannya aja! Namun kabarnya, guna menghasilkan sebuah tim yang berkualitas, para pelatih tim sepakbola di liga Indonesia harus memiliki sertifikat kepelatihan.

      Terima kasih sudah mampir! ๐Ÿ™‚

  • Nano Kusuma

    Kalo saya mo komentar soal pembinaan para pemain muda di Bekasi….
    setahu saya pemain2 muda di Bekasi cukup bagus2….tapi kompetisi dan wadah yg ada cuma sampai setingkat surati or Porda aja…setelah itu para pemain2 muda itu hilang entah kemana

    • Betul banget…Gelaran kompetisi di tingkat lokal Kota Bekasi (Pengcab PSSI Kota Bekasi) secara rutin, berjenjang dan berkesinambungan akan menjamin sekaligus menyeleksi bibit-bibit unggul pemain asli Kota Bekasi, menuju kompetisi tertinggi negeri ini, yaitu ISL.

      Sebagai informasi saja, meski sempat vakum selama beberapa tahun, saat ini Pengcab PSSI Kota Bekasi kembali bergeliat menggelar roda kompetisi antar klub di level tingkat Kota Bekasi. Doakan saja, hal ini terus berlangsung, demi untuk menjamin pemain-pemain muda asli binaan Kota Bekasi.

  • wah sya kenal tuh….marsin tambayong…rmhnya deket prnh main brng lg….sma atmadi latif…klo di bblan pnggilannya accu…good luc ya persipasi

    • Hehehe…sama! Sewaktu kecil, saya termasuk mengidolakan mereka, seperti Makmun Adnan, Atmadi Latif.

      Doakan Persipasi bisa tembus ISL musim ini!

  • RYAN SUDRAJAT

    sya pendukung persipasi,ayo bangkitlah persipasi jngan mw klah sma kakaknya yaitu persikasi,km hrus jadi juara sekarang divisi utama biar masuk ke liga super musim depan,bravo persipasi maju terus persipasi pantang mundur.

    • Justru kiprah Persipasi jauh mengalahkan kakaknya (Persikasi) yang bertarung di Divisi II, meski terakhir menjadi Juara dan berhak lolos ke Divisi I.

      Kita doakan, Persipasi terus berjaya dan dapat berlaga di ISL secepatnya. ๐Ÿ™‚

  • firza muhammad

    saya bangga dgn prestasi kota saya. asal mula sy suka tim ini krn di ajk nobar dgn temen. saya harap persipasi lolos deh ke isl musim 2010/2011. sama stadionny di buat internasional. bravo persipasi

    • Harapan dan rasa bangga, tentunya menjadi milik warga kota tercinta ini, termasuk Anda dan saya. Doakan semuanya berjalan lancar, tim-nya kian mengkilap prestasinya, stadion-nya cepat rampung dan penontonnya membludak memadati stadion dalam memberikan dukungan secara langsung, tetapi dengan tetap sportif dan disiplin.

      Go Persipasi to ISL next season…

      • firza muhammad

        persipasi sudah lolos ke 8 besar. smoga ada stasiun tv yg menayangkan. say ingin juga melihat aksi pemain lokal dan asing nya

        maju persipasi

  • untung sujarwo

    persipasi selamat berjuang menuju 8 besar tahun depan wajib hukumnya ikut ISL salam but sobek

  • patman

    w mo nnya nieh,,persipasi pa masuk ISL????
    TOLONG D JWAB..!

    • Saat ini, Persipasi “Laskar Patriot” Kota Bekasi sedang berjuang untuk memperebutkan jatah menuju ISL musim depan. Do’a kan semoga perjuangan itu membawa hasil yang membanggakan.

  • Sepak bola bekasi ga akan maju..bl sesama soeporter bekasi pd rusuh dn tawuran..itu bnr2 sgt mmalukan skli…kota bekasi ga akan hijau lgi..akibat rusuh kmrin PATMAN awl’a yg jual,.mo ga mo SoeBeX hrus mmbli’a..PATMAN bubarkan ..PATMAN ngrusak nm kota bekasi….

    • Setuju…mengecewakan sekaligus memalukan. Jangan ambil contoh supporter Persija yang tawuran antar sesama. Kenapa tidak mencontoh kekompakan dan sportifnya pendukung tuan rumah “Bonek” Persebaya vs “Bobotoh” Persib yang nonton bareng di Stadion tanpa adanya jarak antar supporter, melainkan berbaur menjadi satu.

      Piss, damai supporter Bekasi. Jaga kekompakan, perjalanan masih panjang…

  • BOY

    IYAA.. JGN MAU DI BILANG ANAK BEKASI KAGAK BISA APA2, CENGENG, GAK PUNYA BUDAYA… AYOOOO BUKTIKAN AME DUNIA BAHWA BEKASI JUGA BISA MAJU.. BUAT ANE, BAIK BEKASI KOTA MAUPUN BEKASI KABUPATEN SAMA AJE YANG PENTING GW ANAK BEKASI BANGGA KLU BANGSA GW BISA MAJU…….

  • BOY

    tp ingat nih buat para penggila bola khususnya yg ngefans bgt ma bekasi… supaya tetp di jaga jiwa sportifitas.. jgn kotori dgn prilaku arogan atw anarkis yg bisa membuat nama bekasi menjadi semakin mundur alias jelek.. klu udah maju jgn tinggalkn jg budaya bekasi yg suka ngaji ame solat 5 waktu yg kagak pernah ketinggaln… busyeeet ini baru anak bekasi yg sesungguhnye..arepan ngkong2 kita jaman dulu, dambaan anak cucu kita masa depan…

    • Waahh…waaahhh…Pokoknya saya setuju berat sama Anda Bung!

      Nyang kayak gini nih, suporter ideal Bekasi, bukan nyang kerjaannya bawa-bawa botol minuman, ngeganja, rante, gir, cerulit, parang, pacul…halllaaaggghhh…

      Pokoknya, HIDUP PERSIPASI, HIDUP SUPPORTER PERSIPASI YANG DAMAI, KOMPAK, SPROTIF!!

  • ikbal

    mudah mudahan persipasi tahun depan pasti bisa jadi juara liga joss indonesia . saya mengharapkan persipasi dan persikasi bisa masuk isl amin.

  • untung sujarwo

    thn 86-89 ane pernah berlatih di bekasi putra berhasil juara yapopi di latih ayah atau mansyur hidayat,ibrahim,si boncel komeng kemana mereka apa masih aktif? rekan2 ane dwi,deni bogel,budi botak,sugeng bagaimana dengan mereka sekarang?

    • Hadoohh…kita pernah satu angkatan gak yah!? ๐Ÿ™‚ Kalo ane, latihannya sekitar taon 88-90an. Nah kalo temen satu angkatan ane, ada si fauji, agus, indra miing, muin, betok, udin beker…

      Kalo kabar Ayah, bang boim, bang komeng, wahh udah lama gak keliatan. Seiring itupun, prestasi BP udah mulai melorot, ditambah lagi, udah gak ada kompetisi reguler.

      Met gabung ajalah, Sob! ๐Ÿ™‚

  • untung sujarwo

    gmana neh perkembangan BP ane dah ga tau lagi prestasi dsri taon ke taon masa kalah mentereng ama tunas patriot.ane tinggal di jln h.agussalim lap’bola mekarsari, ps.rajawali ente dimana bung?

    • Hohoho disitu! Ane di alun-alun bung.

      Iya, semua kayaknya emang udah pada gak kedengeran lagi prestasinya, seiring dengan semakin sedikitnya kompetisi reguler liga Persipasi. Sayang banget sih emang, apalagi Bekasi punya tim yang bakal menatap ISL, seharusnya mesti ditunjang ama bibit-bibit muda potensial.

  • 9ha9a

    Kami KELUARGA BESAR SOEBEX MANIA (PERSIPASI/PERSIKASI) akan selalu Mendukung kesebelasan Kota/Kabupaten BEKASI TERCINTA. walau banyak SUPPORTER yang selalu Memprovikasi kami dgn Kekerasan maupun Retorika mereka yg memuakkan, Kami bangga dgn Mendukung 100% Kota/Kabupaten kami.untuk Saudara/i SOEBEX MANIA jgn sampai terpecah belah. tunjukan bahwa kita lebih baik dari org2 yg mengaku supporter. Kita adalah SUPPORTER BUKAN GANGSTER!!!! Cheers. Thanks

    • Setuju dengan Anda!!

      Itu jauh lebih baik, dan patut untuk dibudayakan di kalangan penggemar bola dan pendukung fanatik tim asal (Kota/Kabupaten) Bekasi. Syaratnya, pentolan dari kelompok suporter yang ada di Bekasi, duduk bareng membahas hal-hal yang perlu dilakukan atau tidak dilakukan, baik di dalam stadion maupun di luar stadion.

      Tentunya hal tersebut butuh sikap merendahkan ego dan komitmen bersama untuk mendukung tim sepak bola asal Bekasi.

      Thanks dan berkunjung.

  • eko

    jadwal divisi utama kapan bosz????
    kirim2 k gw ok

  • untung sujarwo

    salut buat persipasi skarang berada di peringkat 2 klasmen sementara, tingkatan terus prestasi supaya masuk ke jenjang yg lebih tinggi di kancah persepakbolaan nasional bravo persipasi…den djarwo

  • damriz

    sodara ane tuh warta kusumah , sekitar pintu air rumahnya ๐Ÿ˜€

  • Very soon this website will be famous among all blogging and
    site-building users, due to it’s good articles

  • andibolanl@yahoo.com

    clab manapun pasti takut sama bekasi persipasi dan persikasi buat lah warga jawa barat bangga kususus’a warga bekasi kota dan kabupaten

    • Sepakat.

      Bekasi, secara historis pernah menghadirkan talenta-talenta yang mewakili Indonesia di kancah dunia, sebut saja Warta Kusumah, Maman Suryaman, Nur Alim, Firmansyah. Siapa yang gak kenal mereka?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.