Akismet, Plugin Anti Spam Yang Wajib Ada

akismet logo

Ilustrasi Untuk Akismet

Sebagai ilustrasi, Anda memiliki sebuah tanah kosong dan berpagar, lalu didalamnya selain ada hamparan tanah kosong, juga ada kolam ikan yang berisi ikan gurame.

Pangkal masalahnya, Anda mungkin tidak setiap saat berada di lokasi tanah kosong tersebut.

Suatu ketika Anda berkunjung dan mendapati tetangga di sekitar tanah kosong milik Anda tersebut sedang melempar sisa atau potongan sayuran ke dalam kolam ikan gurame.

Kira-kira apa reaksi Anda? Itu ilustrasi yang pertama.

Lalu ilustrasi yang kedua, ketika Anda kembali berkunjung di kesempatan berbeda.

Anda mendapati tetangga yang lain yang juga bertempat tinggal di sekitar tanah kosong milik Anda tadi sedang melempar satu kantong plastik yang kira-kira berisi sampah.

Kira-kira terhadap hal ini, apakah reaksi Anda?

Ada dua kondisi berbeda dari ilustrasi diatas, meski ada satu kegiatan yang sama, yaitu sama-sama melempar.

 

Akismet Adalah

akismet logo

Tahukah Anda, apakah Akismet itu? Bagi yang belum tahu, Akismet yaitu sebuah plugin anti spam yang terdapat pada blog WordPress, baik WordPress.com, maupun WordPress.org.

Akismet sebagai anti spam yang disiapkan oleh WordPress di develop langsung Matt Mullenweg yang merupakan pendiri WordPress.

Mengapa perlu ada anti spam? Kembali ke ilustrasi diatas, Akismet memiliki fungsi untuk menangkal setiap sampah yang masuk ke tanah kosong milik Anda.

Tentunya Anda akan menegur hingga memaki orang yang dengan sembarangan membuang sampah ke tanah Anda.

Masih mending jika sampahnya adalah sampah yang masih berguna, seperti ilustrasi diatas sampah potongan sayuran yang berguna sebagai umpan untuk ikan gurame Anda.

Tapi bayangkan, seberapa kuat Anda menjaga tanah kosong milik Anda dari buangan sampah yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Jadi mudahnya, Akismet laksana penjaga (satpam) tanah kosong milik Anda dari ancaman orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang membuang sampah ke lahan milik Anda.

Mudah-mudahan ilustrasi singkat diatas dapat dipahami dengan jelas. Lalu, bagaimana cara kerja Akismet itu.

Cara Kerja Akismet

Akismet dalam kondisi sebenarnya di blog, berfungsi untuk memfilter setiap komentar sampah yang ada di blog Anda serta memisahkan antara komentar yang terindikasi sebagai spam dengan komentar biasa.

Jika Anda menggunakan WordPress.com, maka Akismet sudah langsung terintegrasi dengan platform blog yang Anda gunakan.

Anda sudah tidak memerlukan penyetelan (setting) lagi, sehingga Akismet sudah langsung dapat menangkal setiap komentar spam yang masuk ke blog Anda.

Nah, lain cerita jika Anda menggunakan WordPress.org atau hosting berbayar, plugin Akismet dalam posisi sudah terinstal namun belum langsung aktif.

Sehingga Anda perlu mengaktifkannya sendiri, dan melakukan sedikit setting, agar Akismet dapat berjalan optimal dalam menangkal setiap blog spam.

Demikian, artikel ilustrasi singkat salah satu plugin WordPress yaitu plugin Akismet, Akismet itu apa, dan cara kerja Akismet seperti apa, semoga mudah dipahami.

Terakhir, bagaimana cara mengaktifkan dan menyetel plugin Akismet di blog Anda, akan saya ulas di postingan berikutnya.[cr]

Be Sociable, Share!