5 Tips Aman Bagi Anda Yang Gemar Belanja Online

belanja online

Kemajuan teknologi saat ini dengan berbagai variannya telah menciptakan beraneka ragam kemudahan bagi setiap orang. Kemudahan tersebut tercermin melalui berbagai aplikasi yang menunjang dalam aktifitas keseharian, semisal aplikasi untuk transportasi online atau bahkan aplikasi untuk berbelanja online.

Dengan berbagai aplikasi tersebut semakin memudahkan kita di kehidupan millenial ini. Bagi Anda para wanita,pernahkan Anda berbelanja secara online? Mayoritas wanita mengaku pernah bahkan sering berbelanja secara online.

Memang tak bisa dipungkiri, berbelanja secara online nyaris tidak lagi memerlukan tenaga yang cukup banyak seperti halnya kita berbelanja secara konvensional. Misal, untuk Anda para wanita, apabila Anda ingin berbelanja kosmetik, biasanya Anda akan menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi atau jalan kaki untuk menempuh perjalanan menuju toko kosmetik terdekat.

Namun dengan hadirnya aplikasi berbelanja online, cukup dengan modal jari, ditambah kuota internet dan sinyal yang memadai, Anda dapat memesan kosmetik yang Anda inginkan hanya dengan satu ketikan saja, maka barang yang Anda pesan akan segera dikirimkan ke lokasi Anda.

Mungkin Anda pernah membaca atau mendengar berita tentang penipuan berkedok belanja online? Untuk langkah aman agar terhindar dari masalah diatas, pernahkan Anda berpikir tentang bagaimana cara berbelanja online yang efektif dan efisien?

Pada tulisan kali ini, penulis akan menjelaskan tentang berbelanja online secara efektif dan efisien untuk Anda. Nah, beberapa tips berikut akan membantu Anda untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dalam kegiatan belanja online Anda.

Baca Juga: Nadiem Makarim Angkat Tukang Ojek Lewat Go-Jek

 

belanja onlineTips Pertama

Amati situs online tersebut. Pastikan semua konsumen yang pernah membeli di toko online tersebut merasa puas. Umumnya toko-toko online tersebut telah menyiapkan ruang bagi para pembelinya untuk menyampaikan testimoni.

Selain itu, lihat seberapa besar rating atau reputasi yang didapatkan oleh toko online itu. Pastikan rating atau reputasi toko online yang Anda kunjungi memiliki nilai yang bagus. Selanjutnya cari alamat fisik atau customer service yang dapat dihubungi untuk meyakinkan kita bahwa mereka memang memberikan layanan sebagaimana yang terdapat pada toko online.

 

Tips Kedua

Lindungi akun Anda. Seringkali banyak situs yang meminta data-data seperti email dan lain sebagainya. Sekali lagi, pilihlah toko online dari sumber yang kredibel atau dapat dipercaya.

Karena yang ditakutkan ketika Anda mengunjungi situs yang abal-abal serta email Anda sudah terdaftar pada situs tersebut, maka penipu akan dengan mudah mengakses informasi tentang diri Anda atau menginfeksi perangkat Anda.

Baca Juga: 5 Cara Memperoleh Backlink Berkualitas di Blog

 

Tips Ketiga

Pilihlah cara pembayaran yang paling aman. Saat ini terdapat beberapa aplikasi yang menawarkan layanan COD (Cash on Delivery). Maksudnya Anda dapat membayar barang ketika barang tersebut sudah Anda terima.

Namun apabila aplikasi atau situs yang Anda kunjungi tidak memiliki layanan tersebut, maka usahakan Anda meneliti lagi tentang proses pembayaran yang sekiranya aman dan direkomendasikan oleh pengguna lain berdasarkan rating yang tersedia. Selain itu baca kembali semua rincian pembelian sebelum mengkonfirmasi pembayaran.

 

Tips Keempat

Pahami tentang kebijakan pembelian. Hal ini diperlukan apabila barang yang Anda terima tidak sesuai dengan pesanan, rusak, atau sejenisnya. Apakah ada mekanisme pengembalian barang yang tidak sesuai pesanan tersebut. Atau juga, jika barang yang Anda beli berupa barang yang berbasis ukuran seperti sepatu atau kemeja.

Tentu kesulitannya adalah saat mencoba ukuran, apakah sesuai atau pas di kaki untuk sepatu, atau pas di badan untuk kemeja. Apakah juga terdapat klausul yang menyatakan bahwa barang boleh di retur dan diganti dengan barang sejenis dengan merevisi ukuran, syaratnya tentu saja Anda mengembalikan barang yang tidak sesuai ukuran tersebut, dan menyiapkan kembali biaya ongkir.

Baca Juga: Jojonomic, Aplikasi Cara Mengelola Keuangan

 

Tips Kelima

Pastikan harga yang terdapat pada toko online tersebut tidak berbeda jauh dengan harga yang ada di pasaran. Saya pribadi hampir selalu melakukan hal ini, sepanjang barang yang diincar adalah barang yang mudah atau umum untuk dijumpai, seperti handphone, laptop, printer dan lain sebagainya.

Dan juga ketika Anda berbelanja secara online, pastikan semua barang incaran Anda itu terdapat dalam satu toko online sehingga belanja online Anda akan lebih efektif dan efisien. Hal ini menyangkut biaya ongkos kirim (ongkir).

——–

Itu tadi beberapa tips bagi Anda yang gemar melakukan belanja online agar aman, efektif, dan efisien. Jangan lupa untuk selalu log out atau mengganti password Anda secara rutin untuk mencegah agar akun Anda tidak dibobol (hack) oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.[cr]

 

Sumber gambar: vkool.com

Be Sociable, Share!

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.