5 Cara Mudah Mendapatkan Ide Menulis Untuk Blog

mencari ide menulis

Menulis merupakan pekerjaan atau aktifitas yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Menulis menjadi mudah ketika didasari oleh adanya rasa kecintaan untuk menulis, dan sebaliknya akan menjadi sulit ketika menulis menjadi sebuah beban.

 

Menulis Adalah Hal Yang Mudah

mencari ide menulis

Menulis menggunakan bahasa sehari-hari seyogyanya merupakan hal yang mudah, tetapi menulis menggunakan bahasa resmi yang sesuai dengan tata bahasa dalam menulis, untuk bahasa Indonesia berarti harus sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), memang bukanlah hal yang sederhana.

Namun, saya sangat percaya terhadap pameo, ala bisa karena biasa. Maka, tidak akan bisa jika tidak dibiasakan. Orang-orang sukses mengatakan, bangun kebiasan selama 3 bulan, niscaya Anda sudah melakukan setengah langkah kesuksesan Anda. Bangun kebiasaan menulis dalam 3 bulan pertama, maka selanjutnya menulis bukanlah hal yang sulit dilakukan, apalagi bahasa yang digunakan adalah bahasa yang digunakan sehari-hari.

Menulis merupakan nafasnya blog. Sebuah blog yang artikelnya berkualitas maka blog tersebut akan disukai pengunjungnya, dan berkesempatan pula untuk disukai oleh mesin pencari Google.

Salah satu indikator konten blog yang berkualitas adalah bahasanya simpel, praktis, lugas, tidak berputar-putar, dan yang terpenting adalah pesannya dapat ditangkap oleh pengunjungnya. Pengunjungnya memahami maksud dari artikel yang terdapat blog tersebut.

Begitupun Google sebagai mesin pencari, saat ini Google secara kontinyu melakukan perbaikan-perbaikan terhadap algoritmanya untuk menyajikan blog dengan konten yang berkualitas, bukan hasil copas (copy paste).

Blog yang visitornya banyak dan disukai pula oleh Google tentunya akan mempunyai posisi tawar yang tinggi untuk mendapatkan potensi penghasilan dari berbagai sumber.

 

Mendapatkan Ide Menulis

Ide menulis bisa didapat dengan beragam cara. Yang ingin saya ulas disini yaitu cara mudah mendapatkan ide menulis, dan saya biasanya mendapatkan inspirasi menulis dengan melakukan hal-hal berikut ini.

Tapi sebelumnya saya ingin batasi bahwa mudahnya mendapatkan ide menulis disini sebatas menulis dalam aktifitas pengembangan blog saja, bukan yang lain.

1.   Berawal dari kesulitan kemudian muncul ide menulis

Benar sekali, ide untuk menulis terkadang bisa muncul saat seorang blogger dihadapkan pada suatu kendala, kesulitan atau ada

Maksudnya bagaimana? Begini, saat Anda melakukan sesuatu yang berkaitan dengan pengembangan blog, terkadang muncul kendala, lalu kemudian Anda mencari referensi pemecahan masalah terhadap kendala yang ada. Dan ketika kendala tersebut terpecahkan, berarti satu artikel sebenarnya sudah selesai. Anda tinggal mentransfer semua langkah-langkah pemecahan masalah tersebut secara kronologis menjadi sebuah artikel yang Anda share di blog Anda. Klik tautan berikut untuk mendapatkan contohnya.

2.   Blogwalking hasilkan inspirasi menulis

Bukan copas, tetapi memang dengan blogwalking, terkadang inspirasi untuk menulis  muncul dengan mudahnya. Semisal ada artikel, “4 langkah mudah…bla…bla…”, lalu Anda sah-sah saja untuk menambah 1 langkah tambahan yang didasari oleh pengalaman yang Anda miliki,, sehingga judul artikel untuk postingan blog Anda menjadi, “5 langkah mudah…bla…bla…”

Mungkin sebagai contoh dan gambaran yang lebih jelas, Anda dapat mengklik link ini.

3.   Add On Tools

Add on tools juga dapat menjadi salah satu inspirasi dalam menulis. Proses instalasi dan penyetelan tools seperti plugins, widget dan lainnya, langkah demi langkahnya sah-sah saja dijadikan sebagai ide untuk menulis artikel di blog Anda.

Malah dijamin penjelasan yang step by step tersebut akan memudahkan pengunjung blog Anda untuk memahami isi postingan blog Anda. Sebagai contoh dapat dilihat disini.

4.   Kesuksesan Seorang Blogger

Ide untuk menulis juga bisa didapat dengan menghadirkan sosok blogger yang sukses meraup penghasilan dari internet, kesuksesannya mungkin dapat dilihat dari screenshot yang disampaikan oleh blogger sukses tersebut.

Bukan dalam rangka pamer atau sombong, tetapi lebih untuk melecut semangat para blogger pemula, bahwa dengan berkegiatan blogging dapat menghasilkan sejumlah uang, tentu menarik bukan?

Nah, salah satu sosok blogger sukses yaitu Herman Yudiono seorang blogger asal Sumedang yang saat ini berdomisili di Makassar, Sulawesi Selatan. Seperti apa kisahnya, dapat Anda baca pada tautan berikut ini.

5.   Laporan Perkembangan Blog

Perkembangan sebuah blog sebaiknya didokumentasikan sejak blog tersebut baru dibangun dalam bentuk sebuah laporan yang Anda share di blog Anda. Laporan perkembanan blog dapat dibuat secara berkala, bisa setiap bulan, tri wulanan, catur wulanan, semesteran atau tahunan. Terserah Anda menghendaki yang mana.

Laporan tersebut dapat meliputi apa saja, bisa jumlah visitor per bulan, ranking di alexa, atau hal-hal lainnya yang terukur. Google Analytics dengan beragam metric-nya dapat dijadikan sebagai partner dalam menyusunan laporan berkala blog Anda. Contoh laporan berkala yang ada di blog ini silahkan klik link berikut ini.

 

Kesimpulan

Bagi blogger pemula, semoga artikel 5 cara mudah mendapatkan ide menulis untuk blog ini dapat menjadi ide dalam mengisi konten blog Anda. Tidak ada yang sulit jika mau memulai. Jika ada pertanyaan silahkan ajukan melalui kolom komentar dibawah ini.

Mudah sekali bukan mendapatkan ide menulis? Semoga bermanfaat.[cr]

 

Sumber gambar: Klik disini!

 

Be Sociable, Share!

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.