5 Cara Memperoleh Backlink Berkualitas di Blog

teknik backlink

Artikel berikut ini akan membahas tentang bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas di blog.

Mencari backlink merupakan hal yang pasti dilakukan oleh setiap blogger. Mengapa demikian? Sebab backlink tersebut merupakan poin terpenting dalam mencapai popularitas blog di mesin pencari Google.

Adapun untuk mendapatkan backlink berkualitas sebenarnya sangat mudah, entah itu dengan cara berkomentar di blog yang memiliki pagerank, forum, social bookmark, dan blog lainnya yang memiliki backlink yang berkualitas tinggi.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan backlink berkualitas, sebagaimana diurai dibawah ini.

Baca Juga: 6 Tips Mendapatkan Trafik Blog Selain dari Google

 

Berkomentar di Blog yang memiliki Pagerank Tinggi

Berkomentar di blog merupakan cara yang termudah untuk memperoleh backlink yang berkualitas pada sebuah situs web atau blog dengan pagerank tinggi.

Dalam hal ini, Anda hanya harus berkomentar dengan cara menyisipkan link blog Anda saat berkomentar menggunakan nama Anda. Perlu diperhatikan, Anda tak bisa berkomentar di sembarang situs atau blog sebab bisa berpengaruh terhadap posisi blog yang Anda miliki di Google.

 

Menyediakan Konten Berkualitas sebagai Pondasi

Semua praktisi SEO tentu sepakat, mustahil dapat memperoleh backlink yang berkualitas tanpa mempunyai konten berkualitas. Kita harus mengingat lagi konsepnya, bahwasanya backlink merupakan rekomendasi.

Logikanya, tak akan ada pihak atau orang yang ingin merekomendasikan sebuah konten yang tak berkualitas. Selain itu, Google dapat menilai konten blog Anda berkualitas ataukah tidak. Menilai kualitas dari konten memang mudah. Konten berkualitas merupakan pondasi utama untuk link building.

Baca Juga: Cara Mengukur Seberapa Menariknya Blog Anda

 

teknik backlinkBerkomentar dengan Baik dan Benar

Saat Anda berkomentar, sebaiknya perlu memperhatikan apa isi komentar yang Anda berikan. Berkomentarlah berdasarkan topik yang sedang dibicarakan pada blog yang Anda komentari.

Selain itu, jangan sampai komentar yang Anda berikan keluar dari pembicaraan topik. Tentu saja pemilik situs atau web tidak menyukai hal tersebut. Bahkan bisa saja pemilik situs justru menghapus komentar yang Anda berikan, karena out of context.

 

Berkomentar di Platform Blog yang berbeda

Cara memperoleh backlink berkualitas berikutnya adalah dengan berkomentar pada platform situs berbeda. Hal ini berarti bukan hanya untuk satu jenis situs saja melainkan di beberapa macam situs, misalnya Blog, WordPress, Joomla, dan sebagainya.

Alangkah  baiknya bila Anda berkomentar di blog yang memiliki platform berbeda, sebab ini bisa meningkatkan posisi web atau blog Anda pada mesin pencari Google. Sebab Google akan memberikan penilaian jika blog Anda tak hanya berkomentar di satu macam blog saja, melainkan di berbagai jenis platform blog.

Untuk itu, pastikan Anda tak hanya menciptakan backlink pada platform yang serupa saja, melainkan perlu membangun backlink pada platform blog berbeda.

Baca Juga: Jack Ma, Si Gaptek Miliarder Pemilik Alibaba.Com

 

Berkomentar di Blog Dofollow

Cara lainnya dalam memperoleh backlink berkualitas  adalah berkomentar di blog dofollow. Pada platform blog blogger, ada blog nofollow dan dofollow. Apabila Anda berkomentar dalam blog dofollow, maka Anda akan memperoleh kekuatan backlink yang tinggi.

Hal itulah alasan kenapa harus berkomentar di blog dofollow, terlebih lagi bila berkomentar di blog dofollow dengan pagerank yang tinggi.

Dalam platform Blogger dan blog WordPress sendiri, ada pengaturan untuk link default, dimana setiap ada yang berkomentar, link komentar tersebut secara otomatis langsung menjadi nofollow.

Adapun arti nofollow ini artinya hanya memperoleh sedikit saja kekuatan backlink yang telah tertransfer. Namun bukan berarti bahwa backlink nofollow tak berguna, namun bila Anda memperoleh banyak backlink yang sifatnya nofollow menuju situs atau blog Anda.[cr]

 

Sumber gambar: misscmidthirties.blogspot.com

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.