Ini Dia 4 Faktor Penyebab Trafik Blog Menurun Secara Drastis

trafik blog turun

Penyebab Trafik Blog Menurun

Rendah atau tingginya trafik sebuah blog dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, baik yang bersumber dari faktor eksternal maupun internal. Pada faktor internal sendiri berhubungan dengan bagaimana metode untuk mengoptimasi dan memelihara blog dari dalam.

Sementara untuk faktor eksternalnya, yaitu mengenai segala usaha yang dilakukan di luar blog atau situs yang berpengaruh terhadap popularitas situs Anda. Jadi jangan heran jika blog Anda terbilang masih baru, kemungkinan besar blog akan sepi pengunjung.

Biasanya memerlukan proses tertentu untuk menambah atau meningkatkan trafik. Akan tetapi apabila blog Anda telah berumur namun trafik visitor blog menurun secara tiba-tiba, maka kemungkinan ada sesuatu hal yang terjadi di blog Anda.

Baca Juga: 5 Kunci Menghasilkan Bounce Rate Blog Yang Ideal

 

Lalu, Apa Saja Penyebab Trafik Blog Menurun Tiba-Tiba?trafik blog turun

Berikut faktor-faktor penyebab trafik blog menurun secara drastis dan tiba-tiba yang perlu Anda ketahui :

1.        Mengganti Nama Domain Situs atau Blog

Faktor penyebab menurunnya trafik blog dengan tiba-tiba yaitu disebabkan usaha perubahan nama domain yang dilakukan. Domain merupakan akar bagaimana search engine dapat mengenali blog Anda.

Maka dari itu disarankan untuk jangan pernah mengubah nama domain pada blog Anda yang mempunyai visitor banyak dan sudah berumur, sebab jika Anda mengubah nama domain di blog Anda sudah bisa dipastikan jika blog Anda pun akan kehilangan visitor. Entah itu pengunjung setia di  blog Anda ataupun pengunjung organik dari mesin pencari.

Faktor penyebabnya yaitu blog Anda diangap sama seperti blog newbie atau blog yang baru dibuat. Perubahan nama domain tak jarang dilakukan para blogger pemula sebab kurangnya pemahaman tentang resiko dan dampak penggantian domain.

2.        Perubahan Algoritma pada Google

Perubahan algoritma juga dianggap sebagai penyebab utama trafik situs atau blog menjadi tak stabil. Wajib diketahui, Google sebagai pihak pemiliki search engine paling populer di seluruh dunia seringkali meng-update algoritma.

Hal tersebut bertujuan untuk meng-upgrade atau memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada dalam mesin pencari. Dengan begitu SERP atau hasil pencarian benar-benar sesuai dan relevan.

Sebagai solusinya bisa disesuaikan dari algoritma itu sendiri. Bila algoritma menuntut Anda melakukan modifikasi maka Anda harus melakukan modifikasi segera supaya blog Anda sesuai dengan algoritma pada Google.

3.        Blog Anda Terkena Penalti Google

Sebenarnya ada banyak cara membuat situs atau blog sehingga kita bisa menemukannya di mesin pencari dengan sangat mudah. Mulai dari cara-cara yang benar sesuai panduan pada Google Webmaster Guideline maupun lewat cara-cara yang salah dan tidak dibenarkan berdasarkan kebijakan Google.

Apabila apa yang sudah Anda lakukan tak sesuai atau tidak dibenarkan menurut kebijakan Google, dan terus Anda lakukan tentunya sudah bisa dipastikan jika blog Anda kemungkinan besar akan mendapatkan penalti secara langsung dari pihak Google.

Ciri-cirinya yaitu visitor blog turun secara tiba-tiba dengan drastis. Selain itu, terkadang ranking konten artikel di blog Anda pada mesin pencari merosot atau bahkan tidak ditemukan. Google memang tak secara langsung menginformasikan kesalahan Anda tapi Anda bisa melihatnya berdasarkan jumlah visitor di blog Anda yang kian menurun.

4.        Terlalu Berlebihan Melakukan Optimasi SEO

Untuk memperoleh ranking tarbaik pada hasil pencarian, tak dipungkiri artikel maupun blog semestinya harus dioptimasi, entah itu lewat optimasi SEO offpage maupun optimasi SEO onpage, keduanya harus memperoleh dosis yang tepat. Apabila tidak, kemungkinan besar justru hasilnya tak akan maksimal.

Namun perlu Anda ketahui, apapun jenis optimasi yang dilakukan alangkah baiknya tak dilakukan dengan berlebihan. Menurut Kepala Webspam Google, yakni Matt Cutt pernah memaparkan jika ketika kita melakukan optimasi SEO di blog  maka popularitas blog pun bisa merangkak naik bahkan terus naik.

Akan tetapi jika terus melibatkan optimasi tersebut secara berlebihan, dengan begitu grafik popularitas pun justru semakin menurun hingga akhirnya blog atau situs Anda akan memperoleh penalti. Salah satu penyebab trafik blog menurun ini perlu Anda perhatikan.[cr]

 

Sumber Gambar: Colourbox.com

 

Be Sociable, Share!

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.