3 Cara Ampuh Mempertahankan Pengunjung Blog Anda

3 Cara Ampuh Mempertahankan Pengunjung Blog Anda

Tahukah Anda  bagaimana cara menarik pengunjung untuk datang ke blog Anda? Jika sudah tahu, lalu bagaimana cara mempertahankan pengunjung blog Anda agar rutin berkunjung, dan jika mungkin, rajin juga berkomentar di blog Anda.

Seperti dalam dunia olah raga, Anda mungkin pernah mendengar istilah “mudah untuk mendapatkan juara, namun sulit untuk mempertahankan juara”.

Pengunjung blog adalah nafas blog. Blog Anda akan hidup jika mendapatkan kunjungan, dan akan lebih hidup jika juga mendapatkan komentar dari para pengunjung blog Anda.

Nah, masalahnya adalah bagaimana cara mendapatkan kunjungan, dan kemudian bagaimana cara mempertahankan pengunjung untuk rutin berkunjung ke blog Anda.

Ada 3 cara ampuh yang menurut saya menjadi prioritas untuk Anda lakukan agar blog Anda selalu dikunjungi dan membuat pengunjung setia mengunjungi blog Anda.

3 Cara Ampuh Mempertahankan Pengunjung Blog Anda

 

Baca juga: 5 Cara Mudah Mendapatkan Ide Menulis Untuk Blog

 

1.     Buatlah Artikel Yang Berkualitas

Maksud kalimat tersebut adalah pengunjung blog akan datang (lagi) ke suatu blog jika dia menemukan artikel yang dicarinya, dan tentu saja artikel tersebut berkualitas.

Berkualitas disini tentunya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Menggunakan kata dan kalimat yang santun, meski tidak melulu dengan tata bahasa sesuai EYD.
  • Menulis dengan kalimat yang singkat, praktis, tidak berbelit-belit kalimatnya, sehingga artikel mudah dipahami.
  • Akan lebih baik jika menulis artikel menggunakan teknik SEO.

Saya beberapa kali menjumpai blog yang artikelnya saduran dari website berbahasa Inggris yang dialihbahasakan ke bahasa Indonesia, namun rangkaian kalimatnya tidak disesuaikan, hal tersebut sangat jelas terlihat, sehingga artikelnya menjadi tidak mudah dimengerti oleh pembaca.

Dengan kondisi tersebut, saya tidak menuntaskan membaca artikelnya sampai habis walaupun mungkin sebenarnya artikelnya sangat saya butuhkan untuk mendapatkan beberapa pemahaman baru.

Sebenarnya sah-sah saja mengalihbahasakan sebuah artikel, namun sebaiknya kalimatnya harus disesuaikan atau disempurnakan agar mudah dipahami oleh pembaca artikel tersebut.

Nah, jika artikel berkualitas sudah dibuat, lalu pengunjung sudah datang ke blog Anda, maka cara ampuh berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menjadi tuan rumah yang baik.

 

2.     Jadilah Tuan Rumah Yang Baik

Pengunjung blog Anda diibaratkan sebagai tamu kehormatan yang berkunjung ke rumah Anda, maka sudah sepatutnya Anda memperlakukan tamu kehormatan Anda se-istimewa mungkin di rumah Anda.

Begitupun pengunjung blog Anda. Perlakukanlah mereka sebaik mungkin, agar mereka mendapatkan kesan bahwa mereka dijamu dengan baik di blog Anda. Jika mereka berkomentar dengan memberikan pertanyaan, maka jawablah pertanyaan tersebut dengan baik.

Tuan rumah yang baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Menjamu pengunjung blog dengan baik, hangat dan bersikap rendah hati.
  • Selalu menggunakan kata-kata yang santun jika memberikan tanggapan atau jawaban atas komentar atau pertanyaan.
  • Sapalah pengunjung blog Anda dengan menyebut namanya secara langsung, sehingga menciptakan keakraban.

Artikel berkualitas sudah dibuat, menjadi tuan rumah yang baikpun sudah dilakukan, lalu cara apa lagi yang diharapkan dapat mempertahankan pengunjung blog untuk tetap setia berkunjung ke blog Anda.

Cara ampuh berikutnya adalah dengan melakukan kunjungan balik ke blog pengunjung blog Anda.

 

3.     Lakukan Kunjungan Balik

Etika dalam dunia blogging adalah membalas setiap kunjungan yang dilakukan oleh blogger lain ke blog Anda, katakanlah meski pengunjung blog Anda sudah meninggalkan komentar di blog Anda namun tidak meminta kunjungan balik. Karena ada juga tipe pengunjung yang berkomentar hanya sebatas melempar kata “pertamax gan”, “keduax bro”, dan seterusnya.

Terus terang saja, saya pribadi dan mungkin banyak blogger sepakat, dan menyarankan untuk tidak melakukan hal tersebut. Sudah  komentar seperti itu, masih ditambah pula dengan mengharap blog yang dikunjunginya untuk melakukan kunjungan balik.

Hal yang harus dilakukan saat melakukan kunjungan balik:

  • Berkomentar dengan baik, tidak menggurui di blog yang Anda kunjungi.
  • Jika harus mengkoreksi atau memberikan saran masukan, sampaikan dengan bahasa yang santun.
  • Lakukan kunjungan secara berkala.

 

Penutup

Itulah 3 hal mendasar yang harus Anda lakukan untuk mempertahankan pengunjung blog Anda. Seperti sudah dibilang, pengunjung blog adalah nafas blog. Blog tanpa pengunjung tentu akan hampa.

Selain jadi nafas blog, pengujung blog juga akan menjadi sumber trafik bagi blog.[cr]

 

Sumber gambar: Tamtowild.com

 

 

Be Sociable, Share!

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.